Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/242
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nadjematul Faizah | - |
dc.contributor.advisor | Asep Saepudin Jahar | - |
dc.contributor.author | Mohammad Holis, 214810120 | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-19T04:15:26Z | - |
dc.date.available | 2019-11-19T04:15:26Z | - |
dc.date.issued | 2017 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/242 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan karakter merupakan suatu sistem terencana untuk mengembangkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik sehingga menjadi manusia yang berbudi luhur. Karakter dikembangkan sebagai suatu ketrampilan yang baik, dan tindakan yang baik, keterampilan ini dapat ditanamkan dalam standar kurikulum yang dilaksanakan oleh guru dengan memberikan teladan yang baik. Terkait dengan lembaga pendidikan sebagai pelaksana pendidikan karakter, saat ini lembaga pendidikan dan guru dihadapkan pada tuntutan yang berat, terutama untuk mempersiapkan siswa agar mampu menghadapi berbagai dinamika perubahan yang berkembang pesat. Perubahan yang terjadi bukan saja berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga menyentuh perubahan dan pergeseran aspek moral masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan pendidikan karakter yang landasannya dari Pemikiran Ki Hadjar Dewantoro, serta nilai-nilai religius yang di tanamkan pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive dan bersifat snowball sampling yaitu penentuan sampel pada awalnya masih bersifat sementara, dan akan berkembang kemudian setelah peneliti berada di lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan alat pengumpul data berupa camera digital, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan hasil studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Yapink yakni menerapkan pendidikan karakter yang landasannya dari pemikiran Ki Hadjar Dewantoro yaitu terbangunnya akhlak atau budi pekerti dari individu sebagai karakter keislaman agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia dengan konsep dasar yaitu keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik (tut wuri handayani), dengan smenanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang mengacu pada perangkat mengajar guru yaitu SILABUS/RPP, dan pelaksanaan menggunakan dua cara, yakni intrakulikuler dan ekstrakulikuler. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.title | Pemikiran Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantoro Dan Implementasinya Di SMA Yapink | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mohammad Holis 214810120.pdf Restricted Access | Tesis-214810120 | 9.27 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.