Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/247
Title: | Konsep Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani Dan Implementasinya Di SDIT Asy-Syukriyah Tangerang |
Authors: | Miskah, 215810144 |
Advisor: | Armai Arief Muhaimin Zen |
Issue Date: | 2017 |
Publisher: | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Persoalan moral, budi pekerti, dan karakter, masih menjadi persoalan urgent yang menghambat pembangunan dan tujuan pendidikan bangsa. Meningkatnya degradasi moral, sopan santun pelajar yang merosot, ketidakjujuran pelajar, menyontek saat ujian, kurangnya rasa hormat terhadap orang tua, guru, dan terhadap figur-figur yang harus dihormati. Pdahal hakikatnya, Pendidikan tidak hanya membentuk insan yang cerdas, tetapi juga berkpribadian dan berkarakter sehingga melahirkan generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama. Secara khusus penelitian ini berkaitan dengan pemikiran pendidikan sesorang tokoh, yaitu Syekh Nawawî Al-Bantânî. Syekh Nawawî Al-Bantânî dipilih karena pemikiran pendidikan beliau sangat urgent untuk diterapkan. Hal itu bisa dilihat dalam kitabnya Nashâ’ihul ‘Ibâd, utamanya dalam pembahasan ilmu, diantaranya menjelaskan tentang pertama, tentang pentingnya memuliakan ulama. Kedua, tentang kecintaan kepada ilmu dan ketiga, tentang pentingnya mempelajari ilmu agama. Adapun SDIT Asy- Syukriyah dipilih sebagai objek, karena melihat visi dan misi SDIT Asy- Syukriyah untuk menjadikan sekolah yang terbaik dan terpercaya dalam membangun genarasi Islam teladan dan berakhlak mulia dan berprestasi serta misi yang mengedepankan nilai-nilai Islami dalam membentuk karakter sikap dan perilaku, penulis ingin memadupadankan konsep pendidikan syekh Nawawî al-Bantânî yang terkenal dengan akhlak mulia dalam lembaga SDIT Asy-Syukriyyah Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, ditinjau dari segi sumber merupakan penelitian kepustakaan (library reaseach) yang bertujuan untuk mengungkap pemikiran pendidikan Islam Syekh Nawawî Al-Bantânî dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian kualitatif ini bersifat holistik dan lebih menekankan pada proses, di samping itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode induktif analisis. Dan tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data sekunder yakni dengan kepustakaan (library reaseach) dan data primer dengan observasi dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan dan pengajaran dalam Islam menurut Syekh Nawawî Al-Bantânî mencakup term Ta’lîm, Tarbiyyah dan Ta’dîb dengan tujuan pendidikan yaitu Mardhatillah (mencari ridha Allah) dan memajukan pendidikan Islam. Adapun implementasi pemikiran pendidikan Syekh Nawawî Al-Bantânî tidak tercantum dalam kurikulum sekolah namun dalam hidden kurikulum SDIT Asy-Syukriyyah tetap mengadopsi nilai-nilai pemikiran Syekh Nawawî Al- Bantânî |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/247 |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Miskah_215810144.pdf Restricted Access | Tesis-215810144 | 9.92 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.