Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/251
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorArmai Arif-
dc.contributor.advisorOka Gunawan-
dc.contributor.authorIbnu Awwaliansyah, 215810161-
dc.date.accessioned2019-11-19T06:54:00Z-
dc.date.available2019-11-19T06:54:00Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/251-
dc.description.abstractPendidikan merupakan barometer maju dan mundurnya suatu peradaban, bangsa dan negara. Islam sebagai petunjuk ilâhi mengandung implikasi pendidikan yang kemudian dijelaskan oleh para pemikir muslim sehingga menjadi dasar bangunan (struktur) pendidikan Islam yang memiliki daya fleksibilitas normatif menurut kebutuhan dan kemajuan masyarakat dari zaman ke zaman. Ibnu H̠ajar Al ‘Asqolânî adalah salah satu ulama yang memiliki pemikiran pendidikan dengan memprioritaskan pendidikan spiritual tanpa mengesampingkan pendidikan lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pemikiran pendidikan Ibnu H̠ajar Al ‘Asqolânî dan implementasinya di SD Islam Ibnu Hajar Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pandekatan deskriptif kritis analisis, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual atau kelompok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pemikiran pendidikan Ibnu H̠ajar Al ‘Asqolânî meliputi: definisi pendidikan, tujuan pendidikan, peserta didik dan pendidik, metode pembelajaran, dan kurikulum. 2) Implementasi pemikiran pendidikan di SD Islam Ibnu Hajar Jakarta tidak tercantum dalam kurikulum sekolah namun di formatkan dalam kegiatan belajar mengajar dan diformatkan keseluruh kegiatan-kegiatan sekolah ( hidden kurikulum). Dengan demikian, penelitian ini menunjukan bahwa bentuk implementasi dari pemikiran pendidikan Ibnu H̠ajar Al ‘Asqolânî bisa ditemukan di SD Islam Ibnu Hajar Jakarta. Sehingga SD Ibnu Hajar bisa disebut sebagai sekolah berbasis pemikiran Ibnu H̠ajar Al ‘Asqolânî.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.titlePemikiran Pendidikan Ibnu Hajar Al 'Asqolani Dan Implementasinya Di SD Islam Ibnu Hajar Jakartaen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ibnu Awwaliansyah (215810161).pdf
  Restricted Access
Tesis-2158101614.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.