Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/258
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sahabuddin | - |
dc.contributor.advisor | Oka Gunawan | - |
dc.contributor.author | Agus Muslim, 215810159 | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-19T08:18:15Z | - |
dc.date.available | 2019-11-19T08:18:15Z | - |
dc.date.issued | 2018 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/258 | - |
dc.description.abstract | Hadits Sebagai sumber utama kedua setelah Al-Qur’an, Sudah diketahui bersama studi dan pengajaran Hadits relatif sedikit dibandingkan studi al-Qur’an, studi tentang tauhid, pengajaran fiqih, dan tasawuf. Bisa dikatakan studi Hadits di Indonesia sangat sangat minim. Padahal studi Hadits di Indonesia sudah dimulai sejak abad ke-17 oleh Nuruddin al- Raniri melalui karyanya (w. 1068 H/1658 M) Hidayat al-Habib al- Tarhib wa al-Tarhib dan ‘Abd al-Ra’uf al-Sinkili (w. 1105 H/1693 M) dengan karyanya al-Mau’izah al-Badi’ah. Setidaknya ada tiga faktor utama studi Hadits ini termasuk langka. Pertama, Lembaga pendidikan Islam seperti pesantren, surau, masjid, madrasah, dan perguruan tinggi yang mengajarkan literatur Hadits pada permulaannya sangat sedikit. Terbukti pesantren sebagai lembaga pendidikan keislaman tertua di Indonesia baru mengajarkan literatur Hadits pada awal abad ke-19. Kedua, Literaturliteratur yang berkaitan dengan kajian Hadits juga terbatas. Para santri maupun pelajar ilmu keislaman memang menjumpai banyak Hadits, tetapi informasi diterima bukan dari literatur-literatur Hadits melainkan dari literatur-literatur fikih, tafsir dan lainnya. Ketiga, Pakar Hadits, sarjana yang ahli di bidang Hadits maupun Muhaddits di Nusantara termasuk langka. Dan Nama terakhir yang termasuk Muhaddits langka itu adalah Kyai Ali Mustafa pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Darus- Sunnah Ciputat Tangerang Selatan. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan metode diskriptif dan pendekatan fenomologi, yakni suatu metode yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi pemikiran orang secara individu atau sosial. Adapun tujuannya untuk mendapatkan data yang valid dan mendalam serta bermanfaat. KH. Ali Mustafa selain seorang Muhaddits, seorang Da’I, seorang yang aktif di berbagai organisasi keislaman, tetapi beliau juga seorang praktisi pendidikan. Maka tentu nya Pondok Pesantren Darus-Sunnah merupakan Pemikiran Pendidikan beliau dalam pengembangan studi dan pengajaran Hadits di Nusantara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemikiran Pendidikan KH. Ali Mustafa Yaqub yang dikembangkan di Darus-Sunnah meliputi: tujuan pendidikan, pendidik dan peserta didik, metode pembelajaran dan kurikulum. 2) tujuan pendidikan, pendidik dan peserta didik, metode pembelajaran dan kurikulum terimplementasikan sebagai berikut: a) Tujuan pendidikan KH. Ali Mustafa Yaqub adalah membentuk “ulama pewaris para Nabi”, yakni melahirkan individu-individu yang terintegrasi kecerdasan intelektual dengan kecerdasan moral spiritual. Senantiasa ihyau’sussunnah sehingga ucapan, pemikiran, dan perbuatan menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dari akhlaq dan suri tauladan Rasulullah Saw. b) Metode yang dikembangkan KH Ali Mustafa selain metode dan strategi Rasulullah Saw dalam mendidik para sahabatnya, dan juga menerapkan sistem kombinasi antara pesantren dan perkuliahan, yaitu diantaranya menggali kitab-kitab kuning dan melakukan riset dan membuat karya ilmiyah sebagai syarat akhir studi di xvi Darus-Sunnah. c) Pendidik dan Peserta didik yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, sosial menghasilkan kader ulama dan bangsa yang beriman, bertaqwa kepada Allah Swt, berakhlaq mulia, percaya diri, bermanfaat untuk masyarakat, menghasilkan Hadits yang berskala nasional maupun internasional dan untuk mengejewantahkan Islam sebagai Rahmatallil’alamiin. d) Kurikulumnya mencakup ilmu-ilmu Hadits yang mendalam, ilmu sosial kemasyarakatan, ilmu kebahasaan, ilmu keorganisasian dan keterampilan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pesantren | en_US |
dc.subject | Darus-Sunnah | en_US |
dc.subject | Pemikiran | en_US |
dc.subject | Ali Mustafa Yaqub | en_US |
dc.title | Pemikiran Pendidikan KH. Ali Mustafa Yaqub Tentang Pendidikan Hadits | en_US |
dc.title.alternative | Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darus-Sunnah Ciputat Kota Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Agus Muslim (215810159).pdf Restricted Access | Tesis-215810159 | 5.64 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.