Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/261
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Armai Arief | - |
dc.contributor.advisor | Oka Gunawan | - |
dc.contributor.author | Mohd. Zhahiral Islami, 216430171 | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-19T08:39:05Z | - |
dc.date.available | 2019-11-19T08:39:05Z | - |
dc.date.issued | 2018 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/261 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan manajemen sistem pembelajaran di SMP IT Iqra’ dengan SMP IT Rabbani yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Mengetahui perbedaan manajemen sistem pembelajaran PAI antara SMP IT Iqra’ dengan SMP IT Rabbani Kota Bengkulu. Adapun fokus penelitian ini adalah manajemen sistem pembelajaran PAI di SMP IT Iqra’ dengan SMP IT Rabbani sehingga sobyek penelitiannya melibatkan kepala sekolah, guru PAI, Waka Kurikulum dan siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis datanya adalah teknik analisis diskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajamen sistem pembelajaran PAI di SMP IT Iqra’ dengan SMP IT Rabbani memiliki perbedaan dalam perencanaan program yang sudah dijelaskan dalam struktur kurikulum, perencanaan program tersebut isinya tentang jumlah jam pertemuan dalam satu minggu di SMP IT Iqra’ 120 menit atau 3 jam pertemuan, adapun kurikulum lokal yang dijadikan cirikhas meliputi pelajaran Al-Qur’an dan Bahasa Arab, sedangkan pembelajaran PAI di SMP IT Rabbani 320 menit atau 8 jam pertemuan dalam satu minggu, adapun kurikulum lokal yang dijadikan ciri khas keunggulan Bahasa Arab. Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP IT Iqra’ guru PAI akan mendapatkan penghargaan dari yayasan melalui penilaian kinerja guru yang ditetapkan oleh yayasan secara holistik, sedangkan penghargaan yang diberikan oleh yayasan kepada guru PAI di SMP I Rabbani sifatnya insidentil. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru sebagai kunci keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan, hendaknya antara kepala, waka kurikulum dan guru PAI bersinergi di dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Manajemen | en_US |
dc.subject | Pembelajaran | en_US |
dc.subject | SMP IT Iqra’ | en_US |
dc.subject | SMP IT Rabbani | en_US |
dc.title | Manajemen Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SLTP | en_US |
dc.title.alternative | Studi Perbandingan SMP IT Iqra Dengan SMP IT Rabbani Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mohd. Zhahiral Islami (216430171).pdf Restricted Access | Tesis-216430171 | 5.32 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.