Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/263
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Oka Gunawan | - |
dc.contributor.advisor | Hazairin | - |
dc.contributor.author | Wala, 216430175 | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-19T08:47:45Z | - |
dc.date.available | 2019-11-19T08:47:45Z | - |
dc.date.issued | 2018 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/263 | - |
dc.description.abstract | Dalam dunia Pendidikan di Indonesia bahasa Arab merupakan salah satu mata perlajaran yang dimasukkan dalam kurikulum pendidikan terutama di lembaga-lembaga pendidikan yang berbasis Islami. Salah satu lembaga formal yang ikut serta menggalakkan melalui pelajaran bahasa Arab SMPIT Buahati dan MTs As-Sa‟adah. Menurut Prof. M. Yunus, metode yang efektif dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode langsung. Dari sekian banyak metode pembelajaran, dalam penelitian ini penulis ingin menganalisis salah satu metode yang diterapkan di sekolah tersebut adalah Metode Demonstrasi. Yaitu teknik mengajar yang dilakukan oleh seorang guru dengan sengaja diminta siswa sendiri ditunjuk untuk memperlihatkan kepada kelas tentang suatu proses atau cara melakukan sesuatu. Metode ini dapat membantu siswa dalam kesulitan belajar dan pemahaman pelajaran yang diajarkan oleh guru. Meode ini dikatagorikan metode langsung karena siswa secara langsung mendemonstrasikan suatu materi. Secara otomatis kemampuan pendidikan siswa di sekolah tersebut sangat tinggi dengan adanya metode ini. Persoalan yang ingin dianalisis dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan pendidikan bahasa Arab di sekolah SMPIT Buahati dan di MTs As-Sa‟adah. Berdasarkan jenis datanya, penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dan dikaji secara kuantitatif. Lokasi penelitian dini dilaksanakan di SMPIT Buahati dan MTs As-Sa„adah yang terletak di Jakarta Timur. Polulasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX sejumlah 71 orang, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Demonstrasi | en_US |
dc.subject | Kemampuan Pendidikan | en_US |
dc.subject | Bahasa Arab | en_US |
dc.subject | Siswa | en_US |
dc.title | Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pendidikan Bahasa Arab Siswa | en_US |
dc.title.alternative | Di SMPIT Buahhati Dan MTS As-Sa'adah Jakarta Timur | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Wala (216430175).pdf Restricted Access | Tesis-216430175 | 6.96 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.