Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2691
Title: Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat.
Authors: Nurul Imalah, 12110640
Advisor: M. Ziyad Ulhaq
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penulisan skripsi ini adalah melihat maraknya masyarakat yang belum mempunyai biaya untuk menunaikan ibadah haji, bisa dengan menabung di tabungan mabrur. Tabungan ini bisa menguntungkan sehingga masyarakat atau nasabah bisa mengumpulkan dana sedikit demi sedikit. Temyata tabungan mabrur ini terdapat setoran awal yang harus dibayarkan dan setoran tiap bulannya. Tetapi masyarakat juga harus membayar sesuai keputusan Kementrian Agama , dari sini penulis tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai produk tabungan mabrur tersebut dengan menggunakan akad mudharabah mutlaqah, apakah ada bagi hasil dari tabungan ini. Bagi hasil daii tabungan ini, apakah menjadi dana nasabah atau masuk ke dana pemerintah lalu menjadi dana fl.badi. Dan juga ketika pemerintah menentukan biaya haji yang tadinya nasabah membayar pada tahun pertama berkisar 25 juta, boleh jadi pas waktu mau berangkat harganya sudah berbeda. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Pertama, mengetahui strategi pemasaran produk tabungan mabrur pada Bank Syariah Mandiri, Kedua, mengetahui faktor yang mempengaruhi nasabah menggunakan produk tabungan mabrur, dan Ketiga, tinjauan Islam terhadap strategi pemasaran produk tersebut. J enis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang penulis gunakan adalah data primer dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi langsung ke Bank S yariah Mandiri dan melakukan wawancara secara sistematis untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat, serta meng,gunakan data sekunder yang penulis ambil dari studi kepustakaan yaitu menelaah buku-buku literatur yang berhubungan dengan penelitian yang dibahas. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang menyatakan bahwa didalam strategi pemasaran produk tabungan mabrur merumuskannya dengan mengembangkan buaran pemasaran yang dikenal dengan istilah ""4P" yakni product, price, promotion dan place. Dimana Bank Syariah Mandiri melakukan inovasi produk, menetapkan harga yang terjangkau oleh masyarakat sehingga bukan hanya masyarakat kalangan atas yang menikmati tetapi menengah dan bawah pun bisa ikut menikmati produk tersebut. Dan cara mempromosikan produk tersebut dengan personal selling serta memilih tempat yang strategis. Dan dapat diketahui pula bahwa strategi pemasaran produk tabungan mabrur cukup baik, ini dilihat dari pendapatan dan perkembangan nasabah yang meningkat setiap tahunnya. Selain itu dari tabungan mabrur terdapat bagi hasil yang bisa dilihat di buku mutasi tabungan nasabah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2691
Appears in Collections:Skripsi S1 Hukum Ekonomi Syariah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurul Imalah_FULL.pdf
  Restricted Access
4.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.