Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2699
Title: Kode Etik Marketing Asuransi Dalam Pandangan Islam (Studi Kasus Pada Asuransi Takaful Keluarga-Marketing Corporate Bussines Agency di Jakarta)
Authors: Wildatus Syifa, 12110653
Advisor: M. Ziyad Ulhaq
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penulisan skirpsi ini dilatarbelakangi karena banyaknya ditemukan komplain para pembeli asuransi terhadap marketing (pemasaran) yang ditawarkan oleh agen-agen asuransi. Mulai dari paksaan untuk mengikuti program asuransi tersebut, ketidaksesuaian perjartjian-perjanjian yang telah disepakati serta pelayanan yang kurang baik. Dari berbagai macam masalah yang timbul pada marketing asuransi, yang paling banyak mendapat keluhan adalah masalah paksaan untuk mengikuti asuransi yang ditawarkan oleh para agen asuransi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Asuransi Takaful Keluarga-Marketing Corporate Business Agency di Jakarta. Adapun tehnik pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kode etik marketing asuransi dalam pandangan islam itu adalah sebagai berikut: 1. Perusahaan asuransi hams dapat menjamin produknya. Jaminan yang dimaksud adalah material (bahan, mutu pengelolaan, dan mutu penyajian) dan non material (kehalalan dan keislaman dalam penyajian). 2. Produk yang ditawarkan bemanfaat serta produksinya dilakukan dengan baik dan benar.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2699
Appears in Collections:Skripsi S1 Hukum Ekonomi Syariah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wildatus Syifa_FULL.pdf
  Restricted Access
3.88 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
Wildatus Syifa_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.