Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/270
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorArtani Hasbi-
dc.contributor.advisorMuhmmad Azizan Fitriana-
dc.contributor.authorSuhendra, 215810166-
dc.date.accessioned2019-11-19T09:21:48Z-
dc.date.available2019-11-19T09:21:48Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/270-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan media pembelajaran terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa arab siswa SMP Al – Fattah. Terdapat beberapa penelitian yang telah ada tentang metode eklektik (ath-thariqoh alintiqoiyyah) dan telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Perbedaan nya adalah belum ada peneliti yang menggabungkan metode ini dengan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasaional. Dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan memilih satu kelas secara acak dari lima kelas.Sampel berjumlah 44 siswa. Dari hasil penelitian, Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,139 dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,019 atau sama dengan 1,9% serta arah pengaruhnya = Ŷ = 110,416 + 0,27X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor metode eklektik (Ath-Thariqoh Alintiqoiyyah) akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa arab sebesar 0,27 Pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa arab siswa dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,280 dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,078 atau sama dengan 7,8 % serta arah pengaruhnya Ŷ = 132,173 + 0,204X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor media pembelajaran akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa Arab sebesar 0,204. Terdapat pengaruh metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa arab dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,306 dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,093 atau sama dengan 9,3 % serta arah pengaruhnya Ŷ = 127,269+0,0647X1+0,211X2, setiap peningkatan satu unit skor metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) xviii dan media pembelajaran secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa arab sebesar 0,858. Dengan demikian maka persamaan regresi tersebut di atas, menunjukan bahwa metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan media pembelajaran terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa Arab siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Eklektik (Ath-Thariqoh Al-Intiqoiyyah)en_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectHasil Belajar Bahasa Araben_US
dc.titlePengaruh Metode Ekletik (Ath-Thariqoh Al-Intiqoiyyah) Dan Media Pembelajaran Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Araben_US
dc.title.alternativeStudi Kasus Siswa SMP Al-Fattah Tigaraksa Kab. Tangerangen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SUHENDRA (215810166).pdf
  Restricted Access
Tesis-2158101667.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.