Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2779
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Ahmad Fudhaili | - |
dc.contributor.author | Atikah Nor Rahmawati, 10210385 | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-22T04:10:17Z | - |
dc.date.available | 2023-05-22T04:10:17Z | - |
dc.date.issued | 2015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2779 | - |
dc.description.abstract | Dalam keseharian masyarakat, terlebihnya daerah pedesaan dan pedalaman, sangat berpegang dan mempercayai mitosmitos yang sudah ada sejak zaman dulu, yang kebanyakan hanya berdalilkan cerita-cerita dari orang dahulu saja, Sehingga dapat membuat perilaku yang menjurus ke arah syirik seperti kepada roh-roh di pohon dan keris dengan mendewakan dan memberikan sesajen. Banyak hadis Rasulullah saw. yang berkenaan dengan ini, di antaranya adalah hadis yang meniadakan adanya penyakit menular, meramal nasib dengan burung, burung hantu, bulan Shafar, ghul (hantu gentayangan), tiga hal yang membawa kesialan, ramalan bintang/zodiak, dan al-fa 'l/tafa 'ul ( optimisme ). Rasulullah saw. juga menyatakan bahwa percaya terhadap mitos-mitos tersebut hukumnya adalah syirik. Selain karena ingin menghapuskan kebiasaan orang jahiliyah zaman dahulu, Rasulullah juga bermaksud membersihkan akidah umat Islam yang masih sangat berpegang dengan kepercayaankepercayaan yang menjadi warisan turun temurun dan mengekar tentang mitos tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini, dan metode pembahasan yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu metode pembahasan untuk memaparkan data yang telah tersusun dengan melakukan kajian terhadap data tersebut. Selain itu, penulis berpedoman kepada buku penuntun terhadap mitos-mitos tersebut hukumnya adalah syirik. Selain karena ingin menghapuskan kebiasaan orang jahiliyah zaman dahulu, Rasulullah juga bermaksud membersihkan akidah umat Islam yang masih sangat berpegang dengan kepercayaankepercayaan yang menjadi warisan turun temurun dan mengekar tentang mitos tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini, dan metode pembahasan yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu metode pembahasan untuk memaparkan data yang telah tersusun dengan melakukan kajian terhadap data tersebut. Selain itu, penulis berpedoman kepada buku penuntun terhadap mitos-mitos tersebut hukumnya adalah syirik. Selain karena ingin menghapuskan kebiasaan orang jahiliyah zaman dahulu, Rasulullah juga bermaksud membersihkan akidah umat Islam yang masih sangat berpegang dengan kepercayaankepercayaan yang menjadi warisan turun temurun dan mengekar tentang mitos tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini, dan metode pembahasan yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu metode pembahasan untuk memaparkan data yang telah tersusun dengan melakukan kajian terhadap data tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Mitos | en_US |
dc.subject | Matan Hadis | en_US |
dc.title | Mitos-Mitos dalam Matan Hadis | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Atikah Nor Rahmawati_FULL.pdf Restricted Access | 8.72 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
Atikah Nor Rahmawati_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.81 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.