Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2789
Title: | Pernikahan Beda Agama Perspektif AlQur 'an (Kajian Atas Tafsir al-Mfzan) |
Authors: | Mariyah Ulfah Baniry, 11210440 |
Advisor: | Ali Mursyid |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Dewasa ini pernikahan beda agarna bukan lagi rnenjadi hal yang tabu, hal ini terjadi di sekitar kita baik dari kalangan selebritis rnaupun rnayarakat biasa. Minirnnya pernaharnan rnereka terhadap tafsiran ayat Al-Qur'an juga rnenyebabkan rnereka sulit rnenentukan hukurn pernikahan beda agarna tersebut. Pernikahan beda agarna adalah pernikahan yang dilakukan oleh dua insan yang rnenganut agarna yang berbeda. Hal ini rnenjadikan penulis ingin rnernbahas dan rneneliti penafsiran 'Allarnah Thabathaba'i yakni tafsir al-Mfziin rnengenai pernikahan beda agarna. Adapun rurnusan rnasalah dalarn skripsi ini adalah: Pertama, Bagairnanakah pernaharnan pernikahan beda agarna rnenurut 'Allarnah Thabathaba'i dalarn surat Al-Baqarah ayat 221 dan surat Al-Maidah ayat 5?. Sedangkan rnetode yang digunakan penulis dalarn penelitian ini adalah library research, yaitu penelusuran kepustakaan dengan cara rnengurnpulkan data dari berbagai surnber di beberapa perpustakaan. Kernudian penelitian ini adalah penelitian studi tokoh dengan cara rnendalarni suatu pernaharnan tentang ketokohan seorang individu dalarn suatu kornunitas tertentu, juga berdasarkan referensi-referensi yang bersurnber dari buku pokok seperti tafsir al-Mizan dan AlQur'an, adapun surnber lainnya seperti buku-buku hukurn islarn, ensiklopedi, dan lain-lain. Penelitian ini rnenghasilkan sebuah kesirnpulan yang rnenyatakan bahwa dalarn tafsir al-Mizan pernikahan dengan orang rnusyrik tidak diperbolehkan, karena orang kafir itu pecaya kepada kepalsuan, selalu melangkah di jalan yang sesat dan pada akhimya mengajak kita masuk ke dalam neraka. Dan Allah menyuruh kita agar lebih baik menikahi wanita sahaya beriman dari pada menikahi wanita musyrik walaupun dia dari keluarga terhormat, kaya lagi rupawan. Kemudian pemikahan dengan ahli kitab (kaum Yahudi dan Nasrani yang diturunkan kepadanya kitab Taurat dan Injil) diperbolehkan karena menurutnya ini adalah rukhsah dan semata-mata hanya untuk meringankan kaum muslimin untuk berdakwah. Pendapat ini berbeda dengan keputusan MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam Munas tahun 2005 yang melarang adanya pemikahan dengan ahli kitab, jika hal ini dilaksanakan maka akan banyak terjadi ke-mudharatan karena sudah tidak ada ahli kitab pada zaman sekarang ini, yang ada hanyalah orang-orang Y ahudi dan Nasrani. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2789 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mariyah Ulfah Baniry_FULL.pdf Restricted Access | 8.03 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
Mariyah Ulfah Baniry_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 2.37 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.