Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2836
Title: Sistem Pembinaan Keagamaan Pada Anak SDIT Asy Syukriyyah Cipondoh Tangerang Banten
Authors: Tuti Mufarrokhah, 00310575
Advisor: Anshori
Issue Date: 2005
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini maka semakin kompleks pula permasalahan yang dihadapi masyarakat pada umumnya. Permasalahan yang timbul dapat berdampak positif dan berdampak negatif. Suatu perkembangan yang bernilai positif memerlukan upaya penanganan secara baik guna mendapatkan hasil yang diharapkan. Begitu pula sebaliknya perkembangan dan kemajuan yang baik itu akan berbeda arah sekaligus tidak tepat sasarannya apabila dampak yang bersifat negatifnya tidak diperhitungkan. Sasaran utama pengendaliannya adalah pada unsur pelaku kegiatan pembangunan yaitu manusianya hams sarat dengan nilai-nilai, terutama nilai moralitas dan kepercayaan. Penanaman nilai moralitas dan kepercayaan erat kaitannya dengan pemahaman seseorang dengan ajaran agama, dengan demikian agama sebenarnya dapat menjadi pengendali moral seseorang. Oleh karenanya nilai moral keagamaan hams dilaksanakan sejak dini, sampai kebutuhan seseorang terhadap agama itu diinginkan. Masa anak-anak pada umumnya dimulai dari umur 6-12 tahun, masa ini terkenal oleh perkembangan jasmani secara memanjang. Pada segi jiwani, masa ini ditandai oleh perkembangan intelegensi yang pesat. Anak ingin mengetahui segala sesuatu dan berpikir secara logis. Keinginan mengetahui dan mencintai kebenaran, yang diterapkannya pula pada kehidupan sehari-hari. Karenanya masa anak-anak adalah fase yang tepat dalam menanamkan ajaran agama.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2836
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tuti Mufarrokhah_FULL.pdf
  Restricted Access
7.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.