Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2867
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Anshori | - |
dc.contributor.author | Ardiani, 08310857 | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-24T08:45:11Z | - |
dc.date.available | 2023-05-24T08:45:11Z | - |
dc.date.issued | 2012 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2867 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan Islam dengan ajaran agama yang begitu kompleks, mencakup hingga kegiatan sehari hari yang kecil sekalipun, Islam masuk ke daerah Barito Utara yang dihuni oleh penduduk asli Dayak Taboyan, Dayak Bayan dan Dayak Bakumpai. Dengan ritual adatnya masing masing. sudah menjadi maklum bahwa terjadi saling pengaruh antar ajaran agama dan adat istiadat dengan ritual adat tersebut. Seperti halnya di kawasan lain yang di rambah oleh masuknya Agama Islam ke kawasan itu. Dari latar belakang masalah tersebut penulis tertarik untuk meneliti tentang "Pengaruh Pendidikan Islam Terhadap Kebudayaan Dayak Bakumpai di Barito Utara Kalimantan Tengah." Tujuan yang ingin dicapai penulis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan Islam terhadap kebudayaan Dayak Bakumpai di Barito Utara Kalimantan Tengah. Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai macam pengertian dan faktor-faktor yang berkaitan dengan pengaruh pendidikan Islam dan kebudayaan Dayak Bakumpai. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, Tehnik pengumpulan datanya menggunakan angket (Questionnaires). Penelitian m1 dilaksanakan di Barito utara Kalimantan Tengah. Sebagian dari perwakilan masyarakat suku Dayak Bakumpai Barito Utara Kalimantan Tengah, yang jumlah keseluruhannya adalah 200 orang. Tehnik pengambilan penarikan sampel menggunakan tehnik simple random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari masyarakat Dayak Bakumpai sebanyak 30 orang. Teknik analisa data menggunakan rum.us "r" Product Moment, dengan hasil rxy = 0,395 yang terletak antara 0,20 -0,40 yang berarti hubungan variabel X terhadap Variabel Y termasuk lemah atau rendah. Selanjutnya untuk mengetahui apakah pengaruh itu signifikan atau tidak, maka r hasil perhitungan dibandingkan dengan dengan r tabel. Sebelum membandingkannya, terlebih dahulu dicari df atau db nya dengan rum us df = N - nr yaitu 30 - 2 = 28. Dengan df sebesar 28, diperoleh r tabel (rt) baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,361 maupun pada taraf signifikansi I% yaitu 0,463. Temyata r xy atau ro lebih besar dari pada rt (pada taraf signifikansi 5%, sedangkanpada taraf signifikansi I% rt lebih besar dari pada r ), maka dengan demikian Hipotesis Altematif diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis Nihil ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh pendidikan Islam terhadap kebudayaan Dayak Bakumpai Barito Utara, tetapi hubungannya lemah atau rendah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | pendidikan Islam | en_US |
dc.subject | Ritual Kebudayaan | en_US |
dc.subject | Dayak Bakumpai | en_US |
dc.title | Pengaruh Pendidikan Islam Terhadap Ritual Kebudayaan Dayak Bakumpai di Barito Utara Kalimantan Tengah | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ARDIANI_ FULL.pdf Restricted Access | 4.5 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
ARDIANI_ BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 995.81 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.