Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2872
Title: Korelasi Antara Metode Fahim Qur'an dan Minat Menghafal AI-Qur'an Siswa (studi Kasus di Kelas III SD Azhari Islamic School Lebak Bulus)
Authors: Mariya Ulfa, 07310828
Advisor: Soewarno Imam
Issue Date: 2012
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Metode Fahim Qur'an adalah seperangkat metode pengajaran menghafal AI­Qur'an kontemporer yang didesigh untuk mempermudah dalam segi penyampaian oleh guru dan mempermudah dalam segi daya tangkap siswa karena disesuaikan dengan teori-teori pendidikan dan psikologi. Fahim itu sendiri adalah singkatan dari fash. active, happy & integrated in Memorizing the qur'an. Dengan digunakannya metode ini diharapkan para anak didik merasa senang dalam menghafal Al-Qur'an. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui apakah ada korelasi antara metode fahim qur'an dan minat menghafal AI-Qur'an siswa ( Studi kasus di SD Azhari Islamic School lebak Bulus ). Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai macam aspek yang berkaitan dengan metode fahim qur'an dan minat menghafal Al-Qur'an . Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan angket, adapun teknik analisis data menggunakan teknik korelasional product moment Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara metode fahim qur'an dan minat menghafal Al-Qur'an siswa studi kasus di SD Azhari Islamic School Lebak Bulus dengan besamya rxy adalah 0,581 merupakan korelasi yang sedang atau cukupan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2872
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
mariya ulfa_FULL.pdf
  Restricted Access
2.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
mariya ulfa_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
643.46 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.