Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2876
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Herman | - |
dc.contributor.author | Nurhasanah, 05310757 | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-25T03:56:45Z | - |
dc.date.available | 2023-05-25T03:56:45Z | - |
dc.date.issued | 2012 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2876 | - |
dc.description.abstract | Penelitian m1 merupakan penelitian kepustakaan (library research)mengambil objek film kartun Islami Upin dan lpin. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis isi (content analisys) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi, yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gam bar, suara maupun tulisan.kemudian dilakukan interpretasi secara deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang telah terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa · film kartun Upin dan lpin pada episode tema persahabatan memiliki nilainilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Nilai-nilai pendidikan yang termuat dalam film kartun Upin dan Ipin episode tema persahabatan diantaranya adalah: Pertama, Nilainilai pendidikan ibadah yang meliputi, ibadah mahdhah dan nilai pendidikan ibadah sosial kemasarakatan. Kedua, nilai pendidikan yang bersifat universal meliputi, Kedamaian, Penghargaan, Cinta, Toleransi, Tanggung Jawab, Kebahagiaan, Kerjasama, Kejujuran, Kerendahan hati, Kebebasan, Kesederhanaan, Persatuan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema persahabatan ini dapat dijadikan referensi orang tua maupun pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak. Seperti kedamaian, kejujuran, toleransi dan sebagainya. Bahasa lembut yang penuh kasih sayang dan cinta kasih yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema persahabatan dapat dijadikan teladan orang tua maupun para pendidik dalam proses pembelajaran. Seorang anak akan lebih mudah menjalankan apa yang diperintahkan seorang pendidik apabila sang pendidik tersebut memperlakukan seorang anak dengan penuh kasih sayang dan dengan bahasa yang lembut karena seorang anak akan merasa tersanjung dan merasa dihargai. Film kartun ini sendiri dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak oleh orang tua ataupun guru (pendidik) baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | pendidikan Islam | en_US |
dc.subject | Ipin Upin | en_US |
dc.subject | Persahabatan | en_US |
dc.title | Konsep Pendidikan Islam dalam Film /pin Upin Dalam Tema Persahabatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
nurhasanah_full.pdf Restricted Access | 3.53 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
nurhasanah_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 783.58 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.