Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2878
Title: | Efektifitas Metode Bernyanyi Terhadap Daya lngat Pada Materi Pelajaran Iman Taqwa di Paud Tazkia Cibadak Tangerang |
Authors: | Rahmah Solihah, 07310853 |
Advisor: | Rachmat Mulyono |
Issue Date: | 2012 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Pohon jati mempunyai nilai jual tinggi apabila postur batangnya lurus dari akar sampai ujungnya, sehingga semua bagian dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia, seperti membuat tiang, membuat berbagai macam mebel dan lain-lain. Untuk membentuk pohon yang lurus, tidaklah mudah. Sang tukang kebun harus memelihara pohon agar tetap lurus sejak pohon itu masih kecil. Karena ketika pohon sudah besar, akan sulit untuk diluruskan. Bahkan akan patah apabila dipaksa diluruskan. Itulah gambaran manusia. Tebentuknya karakter dan pola pikir manusia dewasa, sangat tergantung dari upaya pembentukan karakter dan pola pikir yang dilakukan oleh orang tuanya ketika manusia masih kecil atau pada usia dini. Usia dimana otak manusia mengalami masa emasnya, yang sering disebut dengan istilah "Golden Age". Ummat islam mempunyai kewajiban untuk menjaga keislamannya dan juga memberikan pelajaran keislaman kepada anak-anaknya. Hal-hal dasar seperti mengenal Allah, Mencintai Malaikat dan para Nabi, Rukun islam, contohcontoh amal yang baik merupakan materi yang mudah dicema dan dapat diberikan kepada anak usia dini. Inilah yang menjadi dasar peneliti mengambil judul efektifitas metode bemyanyi terhadap daya ingat pada meteri pelajaran imat taqwa di paud tazkia cibadak Tangerang. Pelajaran iman taqwa berkaitan dengan hal-hal dasar yang harus diketahui dan ditanamkan kepada anak sejak dini. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran yang di lakukan guru dalam mengajarkan materi iman taqwa pada anak usia dini di PAUD Tazkia, Cibadak, Tangerang, 2) Mendeskripsikan faktor hambatan guru dalam melaksanakan strategi ·pembelajaran materi iman taqwa dengan metode bemyanyi di PAUD Tazkia, Cibadak, Tangerang, 3) Mendeskripsikan solusi dari hambatan-hambatan pelaksanaan strategi pembelajaran dengan metode benyanyi pada materi iman taqwa di PAUD Tazkia, Cibadak, Tangerang. Agar tujuan tersebut tercapai, maka peneliti menggunakan pendekatan literatur dan kajian empiris/penelitian lapangan. enis penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian skripsi ini adalah: Kepala sekolah, Guru PAUD TAKIA, siswa dan wali siswa. Penelitian metode kualitatif dengan jenis studi kasus ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran dengan metode bemyanyi pada materi iman taqwa, sangat efektif untuk daya ingat anak usia dini di PAUD Tazkia Cibadak, Tangerang. 2) Hambatan yang dialami selama ini adalah keraguan orang tua siswa terhadap metode bemyanyi, yang kesannya hanya benyanyi dan bermain-main tanpa ada kegiatan belajar di data kelas. 3) Solusi dan usulan yang direkomendasikan adalah: a. perlu adanya update materi lagu minimal 5 tahun sekali, b. lagu yang telah diajarkandibuatkan CD sebagai kenang-kengan untuk siswa, c. perlu diadakan pelatihan kepada para guru tentang pendidikan musik dan lagu islami, d. PAUD Tazkia Cibadak, Tangerang hendaknya membuat website yang di dalamnya terdapat materi-materi benyanyi yang bisa diakeses dan didownload oleh siapa saja, sehingga mempunjai efek yang lebih besar dalam dunia dakwah islamiyah. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2878 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RAHMAH SOLIHAH_FULL.pdf Restricted Access | 5.07 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
RAHMAH SOLIHAH_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.47 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.