Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2897
Title: Konsep Pendidikan Islam Menurut lbnu al-Jauzi ( Analisis Kitab Laftat al-Kabid ilfi Nasihat al-­Walad)
Authors: Ratu Khaerany Syarieta, 09310924
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini berjudul "Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu al-Jauzi (Analisis Kitab Laftat al-Kabid il<i Nashfbat al-Walad). Skripsi Jurusan Pendidikan agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta, Juni 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut Ibnu al-Jauzi dalam kitabnyalaftat al-Kabid il<i Nashfbat al-Walad. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan analisis deskriptif, jenis penelitian library research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode penelitian pustaka, dengan menggunakan data primer dan skunder. Data primemya adalah kitab Laftat al-Kabid il<i Nashfbat al-Walad, dan data skundemya adalah kitab-kitab yang dianggap relevan. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif dan content analisis. Menurut Ibnu al-J auzi, akal merupakan anugerah pemberian Tuhan yang dikhususkan kepada manusia sebagai jenis makhluk yang mengemban tugas berat dan mulia. Oleh karena · itu, pengembangan akal manusia menjadi prioritas dalam tujuan pendidikan. Dengan bekal akal inilah, manusia k tercipta sebagai makhluk yang pedagogik, yaitu makhlu yang dilahirkan dengan membawa potensi untuk dapat dididik dan mendidik.Selain mendidik akal, pendidikan juga bertujuan untuk mendidik jiwa. Kedua hal inilah yang dituangkan oleh Ibnu al-Jauzi dalam kitabnya Laftat al-Kabid ila Nashfbat al­Walad, yaitu pendidikan akal dan pendidikan jiwa. Dalam kajian teoritis peneliti mengungkapkan beberapa poin yang berkenaan dengan konsep pendidikan secara umum, yaitu: pengertian pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, ruang lingkup pendidikan Islam, strategi pendidikan Islam dan metode pendidikan Islam. Dengan pendekatan penelitian kualitatif dan metode analisis deskriptif, peneliti berusaha mengungkap poin-poin tersebut dalam kandungan kitab Laftat al-Kabid ila Nashfbat al-Walad. Hasil penelitian adalah bahwa konsep pendidikan Islam menurut Ibnu al-Jauzi meliputi 6 hal: 1. Tujuan pendidikan Islam, 2. Kurikilum pendidikan Islam, 3. Etika murid, 4. Strategi memotivasi semangat belajar, 5. Etika pendidik, 6. Metode belajar dalam pendidikan Islam.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2897
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
3. Ratu Khaerany S..pdf
  Restricted Access
6.21 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
3. Ratu Khaerany S._BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.