Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2904
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Abdul Wahab Abd. Muhaimin | - |
dc.contributor.author | Nining Hikmatun Khasanah, 09310948 | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-25T08:27:56Z | - |
dc.date.available | 2023-05-25T08:27:56Z | - |
dc.date.issued | 2014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2904 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan pada dasamya mendidik manusia agar menjadi manusia seutuhnya, mempersiapkan diri untuk menjadi sosok manusia yang mandiri dan dapat menopang dirinya kelak. Pendidikan sejatinya diberikan untuk membekali dirinya karena pada dasamya anak adalah kertas putih, dengan pendidikan, anak diharapkan tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik berlandaskan Al-Qur'an. Dari latar belakang masalah tentang problematika yang ada di masyarakat masa kini, seorang pemimpin dan kita sebagai pendidik haruslah mempunyai akhlak yang mulia agar rakyat yang kita pimpin dan anak-anak didik yang kita ajar juga berakhlak ml!] ia. Seperti nilai-nilai pendidikan yang ada dalam kisah nabi Adam tersebut. Maka tujuan penulis untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Kisah Nabi Adam yang terkandung dalam surah Al-Baqarah ayat 30-39, dan juga untuk mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sekarang ini. Dengan teknik pengumpulan data dan analisis data, maka penulis bisa mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Nabi Adam as pada surah al-Baqarah ayat 30-39. Niiai-nibi tersebut adalah pertama aspek sikap dan perilaku meliputi rendah hati. menjauhi dengki, larangan sombong dan sikap pemaaf dan pengampun. Kedua aspek pendidikan dan pengajaran meliputi: metode kisah, metode tanya jawab, mengapresiasikan perasaan dan pikiran, dan metode ganjaran dan hukuman. Serta menjelaskan tatanan social yang tinggi baik dalam bertingkah laku dalam berhubungan dengan orang lain dan seorang pendidik sekiranya memperhatikan pendidikan akhlak dan mempunyai pengetahuan untuk memimpin. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Nilai Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Kisah Nabi Adam | en_US |
dc.title | Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Kisah Nabi Adam as (Kajian Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 30-39) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14. Nining Hikmatun K..pdf Restricted Access | 4.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
14. Nining Hikmatun K._BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.43 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.