Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2914
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Herman | - |
dc.contributor.author | Fathimah Amalina Lukman, 09310935 | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-29T06:08:18Z | - |
dc.date.available | 2023-05-29T06:08:18Z | - |
dc.date.issued | 2014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2914 | - |
dc.description.abstract | Agama Islam merupakan agama fitrah dan agama amalan, agama rohani dan perasaan, agama logika dan dan fikiran, agama masyarakat dan peraturan. Ajaran agama Islam memiliki ciri-ciri yang secara keseluruhan sangat ideal. Selain itu, kenyataan tersebut menunjukkan bahwa Islam mcrupakan sebuah agama yang dapat dilihat dari sisi mana saja, dan setiap s1smya itu akan senantiasa memancarkan cahaya yang terang. Oleh karena itu sebagai seorang muslim tentunya dituntut supaya bisa menj alankan dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang disyariatkan Allah swt dan Rasulullah saw. Penman sckolah-sckolah islam di Indonesia sangatlah pcnting, dcngan adanya program pembelajaran Al Qur'an dan Hadits mulai sejak dini maka akan terciptalah pondasi dasar bagi peserta didik dalam beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Bilamana siswa tersebut telah dapat membaca dan mempelajari serta memahami Al-Qur'an dan Al-Hadits, maka kelak nantinya mereka akan dapat menunjang pelajaran yang lebih tinggi lagi kedepannya yaitu mempelajari ilmu-ilmu syariat islam yang lain, serta dapat menjadi contoh bagi lembaga-lembaga islam yang lainnnya. Mengingat proses pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan cara lama yaitu siswa datang, siswa duduk, guru ceramah dan siswa diam yang tcrkadang diikuti dengan "menguap". Ironisnya setelah pelajaran ini usai, siswa justru merasa semangat dan tidak ngantuk lagi. Situasi seperti ini terbalik dengan proses pembelajaran yang seharusnya mampu menumbuhkan semangat belajar dan minat terhadap pelajaran. Kondisi seperti ini hampir terjadi disemua matapelajaran dan telah herlangsung selama hertahun- tahun. Kondisi pembclajaran seperti ini membuat siswa tidak mampu mencapai kompetensi yang seharusnya dicapai. Siswa akan ·cenderung bosan dan jenuh dengan rutinitas yang monoton, tidak ada sesuatu yang bisa membuat mereka antusias terhadap pelajaran. Fenomena yang terjadi di lapangan saat ini bahwa pelajaran Al-Qur'an Hadits kurang mendapat perhatian hal ini disebabkan karena metode pengajaran yang selama ini digunakan masih bersifat tradisional. Sehingga perlu adanya strategi pengajaran yang dapat mengaktifkan siswa supaya dalam proses belajar mengajar siswa tidak pasif. Metodologi Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada peroses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Karena dipandang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhankebutuhan penelitian yang ada, dimana data yang diambil dalam penelitian ini berupa data verbal dan bukan data angka. Metode yang digunakan oleh guru bidang studi Al-Qur'an Hadits dalam pengajarannya adalah dengan mengkombinasikan beberapa macam metode diantaranya : metode Ceramah, metode demontrasi, metode resitasi, metode drill, metode tanya jawab, dan metode diskusi Penggunaaan metode pengajaran yang bervariasi serta dilengkapi dengan sarana yang mcmadai juga mampu mcningkatkan dengan baik penguasaan an pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Hal ini manandakan bahwa metode pengaj aran dan sarana pendidikan merupakan faktor eksternal selanjutnya yang dapat mempengaruhi efektifitas pengajaran AI-Qur'an Hadits di MTs AI-Furqon. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh· faktor tersebut sebesar 86,67%, yang mcnunjukkan mayoritas siswa mcnguasai dengan baik sel uruh materi yang sudah diajarkan. Dan sebanyak 90% siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas pengajaran selanjutnya adalah kodisi psikologis murid itu sendiri, Faktor ini disebut uga sebagai Faktor Internal. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Faktor yang mempengaruhi | en_US |
dc.subject | Pengajaran Al-Qur'an | en_US |
dc.subject | Pengajaran Hadist | en_US |
dc.title | Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Pengajaran Al-Qur 'an Hadits di MTs Al-Furqon Cilegon Banten | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Fatimah amalina__FULL.pdf Restricted Access | 4.63 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
Fatimah amalina__BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.