Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2921
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAnshori-
dc.contributor.authorKhosyi'ah, 09310913-
dc.date.accessioned2023-05-29T07:56:12Z-
dc.date.available2023-05-29T07:56:12Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2921-
dc.description.abstractsa" Metode Permainan adalah suatu cara yang digunakan guru dalam mengajarkan hafalan Al-Qur'an kepada anak didiknya. Menghafal Al-Qur'an dengan menggunakan metode bermain ini, dikemas dengan game dan permainan dengan cara menyenangkan yang pada akhimya menumbuhkan minat dalam menghafal Al-Qur'an. Pendekatan metode tahfizh dengan permainan dan game sangat cocok untuk anak usia dini sehingga anak - anak merasa senang dan nyaman dan tidak merasa bosan. Yang menarik disini adalah walaupun melalui game dan permainan tetap tidak mengabaikan pemghormatan Dalam kalamullah. Misal, ketika guru atau salah satu membaca Al-Qur'an yang lain menghormati dan mendengarkan dengan seksama. Dengan digunakannya metode ini diharapkan para peserta didik akan merasa senang dan cepat dalam menghafal Al-Qur'an karena sesuai dengan dunia dan fitrah anak yaitu dunia bermain. Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai macam pengertian dan faktor-faktor yang berkaitan dengan metode permainan dan cepat menghafal Al-Qur'an pada usia dini. Peniliti menggunakan pendekatan kuantitatif, tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun dalam tehnik pengolah data, penulis menggunakan korelasi Product Moment. Penelitian ini dilaksanakan di SD Smart School Al-Haamidiyah Jagakarsa. Dan subyek penelitian ini adalah 􀁙iswa kelas 1 SD yang berjumlah 27 siswa. Tehnik analisis data menggunakan rumus "r" Product Moment dengan hasil rxy = 0,634. Setelah dibandingkan dengan r tabel, hasil rxy lebih besar. Pada taraf signifikan 5% yaitu : 0,381 <0,634 sedangkan pada taraf signifikan 1 % yaitu 0,487<0,634 dengan"demikian dalam penelitian ini Hipotesis Altematif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Artinya bahwa metode permainan Dalam mempercepat menghafal Al-Qur'an anak usia dini ada korelasi yang signifikan dengan tingkatan sedang atau cukupan di SD Smart School. Dengan diperolehnya hasil yang signifikan, maka terbukti bahwa ada korelasi antara metode permainan Dalam mempercepat menghafal Al-Qur'an pada usia dini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Permainanen_US
dc.subjectMempercepat Menghafal Al-Qur'anen_US
dc.subjectUsia Dinien_US
dc.titleKorelasi Metode Permainan Dalam Mempercepat Menghafal AI-Qur'an Pada Usia Dini. ( Studi Kasus Di Kelas 1 SD Smart School Al Haamidiyah Jagakarsa)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
KHOSYIAH_FULL.pdf
  Restricted Access
5.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
KHOSYIAH_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.