Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2933
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Rachmat Mulyono | - |
dc.contributor.author | Nurul Choiroti Fauziah, 09310922 | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-30T05:10:00Z | - |
dc.date.available | 2023-05-30T05:10:00Z | - |
dc.date.issued | 2014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2933 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian- ini adalah melihat adanya fenomena sekarang yaitu anak indigo yang digiring menjadi paranormal sedangkan usia mereka masih usia anak-anak yang seharusnya sedang giat belajar. Meskipun masyarakat umum menilai bahwa anak indigo adalah anak yang memiliki kemampuan spiritual lebih seperti paranormal tapi seJatinya anak indigo bukanlah paranormal. Mereka hanya anak yang diberikan kemampuan khusus oleh Tuhan di berbagai bidang tertentu secara instan. Berdasarkan fenomena ini, penulis melakukan penelitian mengenai gambaran pembelajaran anak indigo yang dilakukan di Sekolah Khusus i-Indigo Kelapa Garling Jakarta Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari proses belajar mengajar yang dilakukan di Sekolah Khusus i-Indigo Kelapa Gatling, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini diambil melalui observasi, wawancara <lan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di Sekolah Khusus i-Indigo, tidak dilaksanakan seperti pembelajaran di sekolah umum biasa karena pada hari dan jam sekolah, anak indigo yang diajarkan di sekolah ini tetap belajar di sekolah biasa pada umumnya. Sederhananya, sekolah i-Indigo ini mengadakan pendampingan belajar untuk anak-anak indigo. Pendampingan belajar di sekolah i-Indigo diadakan dua hari seminggu yaitu pada hari sabtu dan minggu, atau menyesuaikan dengan kondisi dan situasi. Proses pendampingan belajar berlangsung dalam suasana dua arah yang interaktif dan nyaman. Kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah kurikulum dari Depdikbud, hanya saja pendalaman materinya berlanjut hingga jenjang pendidikan lebih tinggi dari yang si-:dang ditempuh saat ini oleh anak indigo sesuai dengan kebutuhan anak tersebut. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Anak | en_US |
dc.subject | Anak i-Indigo | en_US |
dc.title | Gambaran Pembelajaran Anak Indigo di Sekolah i-Indigo Kelapa Gading Jakarta Utara | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
nurul choiroti fauziyah_full.pdf Restricted Access | 4.85 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
nurul choiroti fauziyah_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.29 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.