Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2935
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Mahmudah Fitriana | - |
dc.contributor.author | Riana Ika Nurriza, 10310983 | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-30T05:33:58Z | - |
dc.date.available | 2023-05-30T05:33:58Z | - |
dc.date.issued | 2014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2935 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan karakter perlu diajarkan kepada anak sedini mungkin, karena karakter memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan individu dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara. Oleh karena itu pendidikan karakter bagi anak usia dini memegang peranan penting, yang akan mewamai perkembangan pribadinya secara keseluruhan. Untuk mewujudkan pendidikan karakter bagi anak usia dini, perlu adanya dukungan dari semua pihak, pendidikan karakter tidak menjadi kewajiban sekolah dan intansi pendidikan saja, tetapi juga menjadi kewajiban semua lapisan masyarakat, terutama para orang tua, karena anak lebih lama bersama keluarga dari pada di sekolah. Selain itu, lingkungan tempat tinggal juga akan menjadi pengaruh dalam membentuk karakter anak usia dini, lingkungan tempat anak akan mewamai kehidupan anak sampai kelak dewasa. J adi, pendidikan karakter tidak bisa diajarkan secara teoretis saja, tetapi perlu dibutuhkan keteladanan dari lingkungan sekitarnya, dan membutuhkan suatu proses, yaitu pembiasaan untuk melakukannya. Dalam kajian ini penulis memaparkan seluruh kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter anak 'usia dini selama proses pembelajaran di sekolah, baik berada di kelas atau di luar kelas. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian library riset/ kepustakaan dengan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan, serta menggunakan angket dan wawancara kepada guru-guru TK Semai Benih Bangsa, dan angket yang dibagikan kepada orang tua siswa. Hasil penelitian yang di dapat dari penulis selama melakukan penelitian di sekolah TK Semai Benih Bangsa adalah pendidikan karakter anak usia dini di TK Semai Benih Bangsa sudah berjalan dengan efektif, walaupun masih ada kendala sedikit dari lingkungan sekitar, yaitu pengaruh dari teman bermain anak yang belum membiasakan berakhlak baik. Sehingga anakĀanak dengan cepat terbawa dan meniru apa yang dilihatnya. Kesimpulan yang dapat peneliti ambil dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter perlu diajarkan sedini mungkin, Karena pada usia ini otak anak berkembang sangat pesat, sehingga memerlukan keteladanan dan pembiasaan untuk bisa melakukannya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pendidikan Karakter | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Pendidikan Karakter Usia Dini di TK Semai Benih Bangsa Ruhul Ukhuwah, Tanjung Barat, Jakarta Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RIANA IKA NURRIZA_FULL.pdf Restricted Access | 3.98 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
RIANA IKA NURRIZA_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 865.14 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.