Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2944
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYayah Nurmaliah-
dc.contributor.authorSiti Malayung, 09310958-
dc.date.accessioned2023-05-30T07:00:38Z-
dc.date.available2023-05-30T07:00:38Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2944-
dc.description.abstractPendidikan merupakan kata yang sudah um.um dipahami semua orang walau dalam pengertian yang berbeda. Pengertian pendidikan ini selalu mengalami perkembangan. Banyak sekali tokoh-tokoh yang mendefinisikan pendidikan. Para ahli bidang pendidikan pun dalam mendefinisikan pendidikan memiliki pandaugan yang berbeda satu sama lain. "Semua pandangan yang berbeda itu bertemu dalam suatu kesimpulan, bahwa pendidikan merupakan suatu proses penyiapan generasi muda untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien" "Pendidikan dalam Islam merupakan pemberdayaan manusia menuju taklif kedewasaan, baik secara akal, mental, maupun moral, untuk menjalankan fungsi kemanusiaan yang diembannya sebagai seorang hamba di hadapan sang K.haliq sebagai pengelola alam semesta, karemmya fungsi utama pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik (generasi penerus) dengan kemampuan dan keahlian yang diperlukan agar memiliki kesiapan untuk terjun ke tengah masyarakat". 2 Manusia mendapat kehormatan menjadi khalifah di muka bumi untuk mengolah alam beserta isinya. Hanya dengan ilmu dan iman sajalah tugas kekholifahan d::ipat ditunaikan dengan baik, sehingga keberkahan dan manfaatnya pun dapat dirasakan bagi seluruh alam. Tanpa iman, akal akan berjalan sendirian sehingga akan muncul kerusakan di muka bumi, dan itu akan membahayakan manusia. Demikian juga sebaliknya, iman tanpa didasari dengan ilmu akan mudah terpedaya dan tidak mengerti bagaimana mengolahnya menjadi keberkahan dan manfaat bagi alam dan seisinya. Demikian pentingnya ilmu, sehingga tidak heran bila orang-orang yang berilmu mendapat posisi yang tinggi di sisi Allah dan manusia. Bahkan setan kewalahan terhadap orang muslim yang berilmu, karena dengan ilmunya, ia tidak mudah terpedaya oleh tipu muslihat setan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKonsep Pendidikanen_US
dc.subjectKi Hajar Dewantaraen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.titleKonsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islamen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI MALAYUNG_FULL.pdf
  Restricted Access
4.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
SITI MALAYUNG_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.