Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2947
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorJetty Maynur-
dc.contributor.authorUri Safitri, 10310959-
dc.date.accessioned2023-05-30T07:13:45Z-
dc.date.available2023-05-30T07:13:45Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2947-
dc.description.abstractPendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD sederajat sampai SMA sederajat. Materi pendidikan agama Islam bukan hanya mengaj arkan pengetahuan tentang agama akan tetapi bagaimana membentuk kepribadian siswa agar memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat dan kehidupannya senantiasa dihiasi dengan akhlak yang mulia dimanapun mereka berada, dan dalam posisi apapun mereka bekerja, yang mana dalam hal ini prestasi belajar adalah kebutuhan utama untuk mewujudkan hal tersebut. pembelajaran PAI sangat sesuai bila diberikan dengan metode pembelajaran Accelerated Learning. Accelerated Learning merupakan konsep belajar yang membantu guru dan siswa dalam mempercepat proses belajar mengajar. Dari sinilah terdapat pemyataan apakah ada hubungan antara penerapan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran PAI dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dalam penyusunan skripsi dilaksanakan di Sekolah Peradaban Cilegon Banten, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2014 sampai selesai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data angket yang disebarkan untuk siswa kelas VI SD Sekolah Peradaban Cilegon Banten sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan'• datanya dengan menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus product moment untuk mengetahui korelasi antara dua variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Accelerated Learning terhadap prestasi belaj ar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan r hitung dan r tabel sebagai berikut, pada taraf signifikansi 5% r hitung lebih besar daripada r tabel: 0,497< 0,847. Sedangkan pada taraf signifikansi 1 % r hitung lebih besar daripada r tabel: 0,623< 0,847. Dengan demikian, disarankan bagi semua guru, khususnya guru PAI untuk menerapkan metode Accelerated Learning dalam proses pembelajarannya, guna meningkatkan kualitas kecerdasan siswa, khususnya prestasi belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Accelerated Learningen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPrestasi Belajar Siswaen_US
dc.titleKorelasi Penerapan Metode Accelerated Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VI SD Sekolah Peradaban Cilegon Bantenen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
URI Safitri_FULL.pdf
  Restricted Access
4.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
URI Safitri_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.