Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2951
Title: Sistem Pendidikan N ondikotomik Dalam Dunia Pendidikan Islam Menurut Syaikh Muhammad Abduh
Authors: Wardatul Adawiyah, 09310957
Advisor: Muhammad Ulinnuha
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan bagi umat manusia merupakan suatu system clan cara untuk meningkatkanb kualitas hidup dalam scgala bidang, schingga dalam sepanjang sejarah hidup manusia di muka bumi ini, hamper tak ada satu kelompok manusia yang tidak menggunakan jenjang pendidikan sebagai sarana pembudayaan clan peningkatan kualitasnya dalam kehidupan sehari-hari, sekalipun dalam kelompok masyarakat primitif demi tercapainya kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Melihat pemisahan pendidikan yang kian terjadi, baik dalam pemisahan kepemimpinan oleh sekolah dasar negeri yang dipegang oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan sekolah swasta atau madrasah yang dipegang oleh Departem Agama, yang satu sama lain merasa bisa berjalan sendiri-sendiri dalam bidangnya. Hal ini membuat penulis meyakini bahwa ada system dikotomik yang terjadi. Dalam penelitian ini seGara khusus penulis menulis pandangan Syaikh Muhammad Abduh tentang Sistem Pendidikan Nondikotomik dalam Dunia Pendidikan Islam. Metode yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatit metode ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data menggunakan library research ( risetpustaka). Hasil dari penelitian ini adalah Syaikh Muhammad Abduh tidak menyetujui adanya dikotomik yang terjadi dalam dunia pendidikan Islam.Dan untuk menjawab dikotominya, Syaikh Muhammad Abduh melakukan pengintegrasian terhadap kedua disiplin ilmu, antara ilmu agama dengan ilmu umum. Dan juga melakukan pengembangan terhadap kelembagaan pendidikan dan metode pengajaran.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2951
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WARDATUL ADAWIYAH_FULL.pdf
  Restricted Access
4.27 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.