Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2954
Title: Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Alam dalam Penanaman Akhlak (Studi Kasus pada Siswa Kelas VI SD Sekolah Citra Alam Ciganjur Jakarta Selatan)
Authors: Istianah, 13311282
Advisor: Ahmad Dimyati Badruzzaman
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang masalah dalam skripsi ini yaitu banyaknya lembaga pendidikan serta model pembelajaran yang berkembang di Indonesia, yang bersaing dalam mencerdaskan anak bangsa dan menjadikan anak bangsa berakhlak mulia. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui secara langsung proses pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan perannya dalam penanaman akhlak siswa-siswinya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Sekolah Citra Alam Ciganjur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Tehknik pengumpulan data dalam penelitian ini maka peneliti mengobservasi obyek yang akan diteliti, kemudian mewawancarai narasumber yang menjadi obyek penelitian, dan terakhir mengumpulkan dokumen­dokumen terkait data yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di kelas VI SD Sekolah Citra Alam, bahwa Implementasi pendidikan agama Islam di kelas VI SD membagi pendidikan agama Islam menjadi dua yaitu pelajaran pendidikan agama Islam yang mengacu pada kurikulum Nasional yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum lokal yaitu kurikulum karakter dan lingkungan dan pelajaran BBQ (Belajar Baca Al-Qur'an). Setiap pembelajaran pendidikan agama Islam dan BBQ bukan hanya membahas dan menjelaskan teori melainkan melatihsjswa-siswi kelas VI SD Citra Alam untuk praktek.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2954
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ISTIANAH_FULL.pdf
  Restricted Access
10.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.