Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2955
Title: Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an Dalam Meninggkatkan Kemampuan Fasih Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus Pada Kelas Lanjut Usia Di Lembaga Studi Ulumul Qur'an Jakarta)
Authors: Ikfina Zakiatus Sholehah, 12311159
Advisor: Ahmad Fathoni
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pembelajaran tahsin yaitu suatu cara untuk tilawah AJ­qur' an yang menitik beratkan pada makhraj, sifat-sifat huruf, dan tajwid. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui lebih dalam bagaimana implementasi pembelajaran tahsin Al­Qur' an p{lda kelas lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur' an Jakarta. Dalam kajian teoritis peneliti memaparkan implementasi pemhelajaran tahsin􀃊 tujuau pembelajaran tahsin, dan unsur-unsur dalam tahsin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan basil penelitian penulis mengetahui bahwasannya pembelajaran tahsin Al-Qur' an pada kelas lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur'an terfokus pada kesempurnaan makhorijul huruf dan sifat huruf. Dengan menggunakan metode tahsin Al-Jazari secara talaqqi clan musyafahah. Kemudian dari basil wawancara, penulis mengetahui adanya peningkatan dalam kemampuan membaca AI-Qur'an peserta lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur'an Jakarta. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa pembelajaran tahsin AJ-Qur'an pada kelas lanjut usia di Lembaga Studi Ulumul Qur' an Jakarta memberikan basil yang sangat baik bagi kelas lanjut usia dalam kemampuan membaca Al-Qur'an terutama dalam segi makhorijul huruf dan sifat hurut:
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2955
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IKFINA ZAKIATUS SHOLEHAH _FULL.pdf
  Restricted Access
5.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.