Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2962
Title: | Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Al Falah Cireundeu Tangerang Selatan |
Authors: | Yolita Desiani, 18320031 |
Advisor: | Siti Istiqomah |
Issue Date: | 2022 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Kemampuan mengenal huruf merupakan pondasi atau kemampuan awal di bidang bahasa yang harus dimiliki anak agar dapat memahami informasi dalam bentuk tulisan termasuk huruf hijaiyah. Kurang menariknya media pembelajaran yang dipakai menjadi salah satu sebab kurangnya kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Falah Cireundeu Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data penelitian melalui observasi, instrumen wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah wali kelas dan peserta didik dikelas A PAUD Al-Falah sebanyak 12 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media audio visual di PAUD Al-Falah Tangerang Selatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian observasi adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah, anak lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena dengan menggunakan media audio visual anak berperan aktif dalam proses pembelajaran, menarik perhatian. dan juga menyenangkan bagi anak. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2962 |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18320031.pdf Restricted Access | 1.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.