Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2988
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorChaliluddin-
dc.contributor.authorNurul Hasanh, 98310472-
dc.date.accessioned2023-06-09T07:09:33Z-
dc.date.available2023-06-09T07:09:33Z-
dc.date.issued2003-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2988-
dc.description.abstractTantangan zaman yang menghimpit umat Islam saat berdirinya Muhammadiyah pada tahun 1912 dapat disebut antara lain : Umat Islam hampir di seluruh dunia di bawah belenggu cengkraman penjajah, kebekuan pemikiran keagamaan dan rendahnya mutu pendidikan. Tantangan dan himpitan itu semakin berat jika dibandingkan dengan dunia pendidikan umum yang diselenggarakan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda dan yayasan Katholik dan Protestan yang bergerak tidak saja dalam bidang pendidikan, tetapi juga dalam pelayanan sosial seperti rumah sakit, panti asuhan dan rumah jompo. Dalam situasi umum yang sangat menghimpit umat Islam seperti itu, munculah gagasan-gagasan untuk membentuk satu organisasi keagamaan yang berupaya untuk sebisa-bisanya merespon tantangan zaman tersebut. Sudah menjadi sunatullah bahwa segala sesuatu yang didasari oleh penemuan-penemuan tentu ada penciptanya, begitu juga dua organisasi yang dipandang besar bagi umat Islam di Indonesia merupakan salah satu substansi bagi Islam itu sendiri yakni dengan dua tokohnya KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy'ari. J "Di sisi lain pendidikan yang dikelola oleh pemerintah kolonial berorientasi pada pengetahuan dan keterampilan duniawi. "2 Corak pendidikan tersebut sesuai denga strategi politik pemerintah kolonial Belanda yang ingin netral terhadap agama. Oleh karenanya A. Mukti Ali mengemukakan "sebenarnya sistem pendidikan kolonial Belanda itu bersifat intelektualitas, individualistis dan kurang sekali dasar-dasar dan asas-asas moral. "3 Oleh karenanya bagi para tokoh-tokoh pada saat itu merupakan tantangan yang harus dijawab dengan ide dan tindakan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectpendidikan Islamen_US
dc.subjectKH. Hasyim Asy'Arien_US
dc.subjectKH. Ahmad Dahlanen_US
dc.titlePemikiran Pendidikan Islam KH. Aahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyarien_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
7. Nurul Hasanah.pdf
  Restricted Access
7.31 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.