Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3002
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Hamid-
dc.contributor.authorZakiyah Nasution, 97310339-
dc.date.accessioned2023-06-09T08:48:21Z-
dc.date.available2023-06-09T08:48:21Z-
dc.date.issued2002-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3002-
dc.description.abstractSosok Paulo Freire, pendidik sosial asal Brazil, dan konsep pendidikan sebagai praktek pembebasannya, sudah cukup lama dikenal, dan dijadikan panutan bagi kalangan mahasisiwa dan intelektual Indonesia, khusunya dalam dua dekade terakhir ini. Namun usaha untuk mengaitkannya dengan Islam, sebagai sebuah agama, sistem nilai dan pandangan hidup, adalah suatu yang menggembirakan dan layak disimak, terutama karena kejernihan kompatibilitas keduanya. Sesuai penindasan yang mengungkung suatu masyarakat biasanya bertahan lama ketika agama mulai ditampilkan sebagai alat untuk melegitimasi situasi yang tidak manusiawi. Model legitimasinya dapat berupa sikap kaum agamawan terhadap situasi penindasan ataupun sikap politik yang mengamini perilaku-perilaku penindas. Dalam ajaran agama Islam, yang diutamakan adalah rasa kemanusiaan, amal baik, dan perlindugan terhadap yang lemah dan tertindas, sejarah Islampun membuktikan bahwa "pendidikan pembebasan, yang menempatkan setiap insan manusia sebagai aktor, dan bukan sekedar obyek, sejarah, sangatlah dipengaruhi oleh prinsip-prinsip kebebasan, demokrasi, toleransi dan keadilan" Kehadiran Islam sebagai agama yang damai dan selamat mempunyai tujuan untuk "memanusiakan realitas sosial".2 Jadi antara pikiran Paulo Freire tentang pendidikan pembebasan sangat berkaitan bahkan cocok sekali dengan prinsip kebebasan dalam Islam, dalam arti siapapun berhak dan mempunayi kebebasan dalam belajar untuk memperoleh ilmu kebaikan hidupnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKonsep Pendidikanen_US
dc.subjectPembebasan Paulo Freireen_US
dc.subjectPerspektif Islamen_US
dc.titleKonsep Pendidikan Pembcbasan Paulo Freire dalam Perspektif Islamen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18. Zakiyah Nasution.pdf
  Restricted Access
5.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.