Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3034
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAkyas Azhari-
dc.contributor.authorSumarwati, 00310577-
dc.date.accessioned2023-06-13T08:33:54Z-
dc.date.available2023-06-13T08:33:54Z-
dc.date.issued2005-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3034-
dc.description.abstractBahasa Arab adalah suatu proses kegiatan yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan berbahasa arab fusha, baik secara aktif maupun pasif, serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa itu. Pengajaran Bahasa Arab yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah berfungsi sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan disamping sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu, pelajaran Bahasa Arab di Madrasah lbtidaiyah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mata pelajaran pendidikan agama sebagai suatu keseluruhan. Mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah lbtidaiyah bertujuan agar murid dapat menguasai secara aktif perbendarahan kata arab fusha sebanyak 300 kata dan ungkapan dalam bentuk dan pola kalimat dasar,dengan demikian murid dapat mengadakan komunikasi sederhana dalam Bahasa Arab dan dapat memahami bacaan­bacaan sederhana dalam teks itu. Dalam pembelajaran Bahasa Arab sering kali terdengar keluhan dari berbagai siswa maupun guru tentang kesulitan dalam memahami Bahasa Arab karena dirasakan sukar, membosankan dan tidak tampak kaitannya dengan kehidupan sehari­hari. Guru merasakan kesulitan dalam melakukan pendekatan yang mampu memotivasi s1swa agar tertarik dan tidak merasa bosan akibat ketidakmampuan mereka menyerap materi yang disampaikan guru tersebut. Masalahnya sekarang adalah bagaimana meningkatkan kulitas berbahasa Arab yang masih dianggap oleh sebagian siswa sebagai bahasa yang sulit dan sukar bahkan menjadi momok. Hal ini merupakan tantangan yang harus segera diupayakan pemecahannya. Di sini peranaan guru/pendidik dan pakar · Bahasa Arab sangat dinantikan. Upaya yang dilakukan berupa pengadaan pusat latihan, laboratorium bahasa, kursus, media massa yang menyajikan Bahasa Arab yang praktis, buku-buku, karya ilmiah yang menyajikan Bahasa Arab yang mudah/gamblang dan metodologis dan ini masih terasa langka.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectAplikasi Metode Drillen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.titleAplikasi Metode Drill Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Pada Siswa MAdrasah Ibtidaiyah (NI) Miftahul Athfal Parung-Bogoren_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
43. Sumarwati.pdf
  Restricted Access
4.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.