Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3150
Title: Strategi Guru TPQ Mendidik Santri Berakhlakul Karimah Di TPQ Dar El-Fikr Pondok Pesantren Depok
Authors: Meria Ulva, 18312012
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Strategi pembelajaran merupakan rencana yang berisi rangkaian kegiatan pembelajaran dalam proses pembelajaran gunanya untuk mengelola peserta didik, mengelola para guru, mengelola kegiatan atau program serta mengelola lingkungan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Guru Mendidik Santri Berakhlakul Karimah Di TPQ Dar El-Fikr. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru Mendidik Santri Berakhlakul Karimah Di TPQ Dar El-Fikr, sudah baik dan membuahkan hasil. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru, orangtua dan para santri. kemudian dalam menerapkan strategi atau program-program pembelajaran terdapat beberapa hambatan seperti beberapa anak yang masih bermalas-malasan untuk berangkat mengaji, masih ada beberapa anak-anak yang masih kurang baik dalam berperilaku baik dalam hal sosial maupun pembelajaran, kurangnya antusias santri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta waktu yang masih terbatas. Namun kendala yang dialami oleh guru dapat diminimalisir dengan adanya faktor pendukung seperti motivasi dari orangtua, guru, lingkungan dan sarana serta prasarana yang cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru menggunakan strategi belajar tidak langsung untuk mewujudkan visi misi TPQ, serta metode keteladanan untuk mendidik santri yang berakhlakul karimah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3150
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312012.pdf
  Restricted Access
3.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.