Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3209
Title: | Implementasi Metode Islamic Montessori Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan |
Authors: | Annisa Kirana Putri, 221430306 |
Advisor: | Pahrurroji Sri Widyastri |
Issue Date: | 2023 |
Publisher: | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi metode Islamic Montessori dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan, serta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode Islamic Montessori dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu terletak pada subjek penelitian, dimana penelitian sebelumnya banyak membahas mengenai metode Montessori, akan tetapi belum banyak yang membahas mengenai Islamic Montessori, dimana implementasi metode Montessori dengan berdasarkan pada nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Sekolah Kiswah, dan Wali Murid Sekolah Kiswah Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Islamic Montessori menggunakan tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (area pembelajaran Islamic montessori), dan evaluasi pembelajaran. 2) Implementasi metode Islamic Montessori dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dilaksanakan dengan menanamkan nilai-nilai keimanan, ibadah dan akhlak yang disesuaikan dengan area pembelajaran dalam metode Islamic Montessori. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui metode Islamic Montessori di Sekolah Kiswah, yaitu: faktor pendukung (guru selaku pendidik dan fasilitator, lingkungan sekolah, orang tua, dan teman), serta faktor penghambat (diri sendiri dan lingkungan keluarga). |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3209 |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
221430306 - Annisa Kirana Putri.pdf Restricted Access | 221430306 - Tesis | 7.49 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.