Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3221
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.advisorSyahida Rena-
dc.contributor.authorSiti Maisaro, 220430288-
dc.date.accessioned2023-10-18T03:51:09Z-
dc.date.available2023-10-18T03:51:09Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3221-
dc.description.abstractTesis ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan efektivitas metode utsmani pada kelas dewasa dalam pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an Talaqi Madani, Jakarta Selatan. Penulis memakai jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan fenomenologi. Penulis mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan berbagai teknik seperti teknik observasi, teknik interview atau wawancara dan dokumentasi. Wawancara penulis lakukan kepada Kepala RTQ Talaqi Madani, Pengurus Yayasan Talaqi Madani Indonesia Kepala Bidang Pendidikan, Penyusun Buku Metode Utsmani, Pengajar Metode Utsmani di Talaqi Madani berjumlah 2 orang dan peserta RTQ Talaqi Madani berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Implementasi metode utsmani pada kelas dewasa di Rumah Tahfidz Qur’an Talaqi Madani Jakarta Selatan, meliputi: a. Perencanaan pembelajaran metode utsmani di RTQ Talaqi Madani diawali dengan placement test lalu dilanjutkan dengan pembentukan kelas sesuai hari yang dipilih peserta dan persiapan kegiatan belajar mengajar tahsin dan tahfidz. b. Pelaksanaan pembelajaran metode utsmani di RTQ Talaqi Madani, sebagai berikut: menggunakan pembelajaran metode utsmani yakni dengan cara talaqqi, penggunaan buku panduan metode utsmani 1, 2 dan 3, materi pembelajaran dalam metode utsmani sesuai dengan target materi dalam setiap level dan alur pembelajaran Al-Qur’an metode utsmani, mulai dari pembukaan, kegiatan utama dan penutupan. c. Evaluasi pembelajaran dalam metode utsmani dikenal dengan ujian kenaikan level dengan nilai kelulusan minimal 75, baik untuk ujian lisan maupun tulisan. 2. Efektivitas metode utsmani terhadap peningkatan bacaan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an Talaqi Madani Jakarta Selatan. penulis menggunakan 3 indikator untuk mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an informan antara lain a. Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan lancar b. Kemampuan membaca dengan benar sesuai dengan ilmu tajwid, penulis membatasi pada beberapa hal sesuai level masing-masing informan. c. Kemampuan mengetahui waqaf dan ibtida’. Dari hasil analisis terhadap 3 informan, penggunaan metode utsmani efektif dalam peningkatkan bacaan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an Talaqi Madani Jakarta Selatan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Utsmanien_US
dc.subjectBacaan Al-Qur’anen_US
dc.subjectRumah Tahfidz Qur’an Talaqi Madanien_US
dc.titleEfektivitas Metode Utsmani Terhadap Peningkatan Bacaan Al-Qur’an Di Rumah Tahfidz Qur’an Talaqi Madani Jakarta Selatanen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
220430288 - Siti Maisaro.pdf
  Restricted Access
220430288 - Tesis4.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.