Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3253
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Samsul Ariyadi | - |
dc.contributor.advisor | Muh. Ubaidillah Alghifary Slamet | - |
dc.contributor.author | M. Taufiqurrohman, 220430299 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-01T07:26:47Z | - |
dc.date.available | 2023-11-01T07:26:47Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3253 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang Konsep Pendidikan Moderasi Beragama yang disarikan dari tafsir pendidikan surah Al-Baqarah [2]: 143, untuk mengetahui konsep pendidikan moderasi beragama dari beragam penafsiran para pakar tafsir Al-Qur’an terkait ayat tersebut dan menghubungkannya dengan beberapa teori pendidikan terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ragam penafsiran untuk mencari ada tidaknya korelasi surah Al-Baqarah [2]: 143 dengan nilai-nilai pendidikan yang berhubungan dengan konsep moderasi beragama atau wasaṭiyyah, baik yang disuarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia atau para pakar yang membahas terkatit konsep tersebut. Penelitian ini studi kepustakaan yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, dengan demikian sumber data sepenuhnya berupa dokumen berupa buku-buku dan naskah-naskah yang berhubungan dengan kajian tafsir Al-Qur’an, baik dari penafsir klasik maupun kontemporer, buku-buku dan naskah-naskah yang berkaitan dengan moderasi beragama dan/atau wasaṭiyyah, buku-buku pendidikan agama Islam, dan buku atau naskah lain yang memiliki kaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis, dibandingkan, dan dicari kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan, pertama: konsep pendidikan moderasi beragama adalah pendidikan yang mengarahkan terbentuknya cara pandang sikap beragama yang moderat dan seimbang, kedua: integrasi nilai-nilai moderasi beragama dapat dilakukan dengan menyisipkannya ke Pendidikan agama Islam, ketiga: pembinaan moderasi beragama di sekolah dapat dilakukan melalui integrasi nilai moderasi beragama dalam PAI, variasi metode pembelajaran, memanfaatkan budaya sekolah, dan membangun lingkungan yang mendukung perkembangan moderasi beragama. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pendidikan Moderasi Beragama | en_US |
dc.subject | Tafsir Ayat Pendidikan | en_US |
dc.subject | Al-Baqarah (2) 143 | en_US |
dc.title | Konsep Pendidikan Moderasi Beragama dalam Islam (Studi Tafsir Ayat Pendidikan Q.S. Al-Baqarah (2): 143) | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
220430299 - M. Taufiqurrohman.pdf Restricted Access | 220430299 - Tesis | 7.91 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.