Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3263
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hasanah | - |
dc.contributor.author | Safara Sabila Al Jannah, 19320055 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-06T07:07:04Z | - |
dc.date.available | 2023-11-06T07:07:04Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3263 | - |
dc.description.abstract | alam mengenalkan huruf hijaiah kepada anak , tidak jarang kita jumpai anak yang mengalami kesulitan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah minimnya media pembelajaran, SDM guru profesional masih sangat rendah, dan pendidikan orang tua yang mayoritas sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi media poster dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiah anak usia 4-5 tahun yang dilaksanakan di daerah terpencil di Kota Lampung Selatan. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana implementasi media poster dalam meningkatkana kemampuan mengenal huruf hijaiah pada kelompok A di RA Gunter Kids Lampung Selatan. Pada penelitiaan sebelumnya lebih kepada kemampuan bahasa, kognitif, kemampuan mengenal angka dan mengenal huruf abjad. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media poster dalam meningkatkan kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam mengenal huruf hijaiah di RA Gunter Kids dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan yang dipersiapkan adalah RPP, mengganti poster, menambah lagu-lagu huruf hijaiah, dan menyiapkan media pendukung. Pada tahap pelaksanaan yaitu guru mencontohkan dan mengulangnya kemudian menjelaskan huruf yang sedang dikenalkan. Kemudian mengulang secara bersama-sama sampai hafal. Dan meminta anak untuk mengulangnya. Pada tahap evaluasi, dicatat didalam buku prestasi sebagai evaluasi harian, dicatat dalam buku penghubung sebagai evaluasi bulanan dan diadakan evaluasi membaca dan menulis pada akhir semester. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Media Poster | en_US |
dc.subject | Huruf Hijaiah | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Implementasi Media Poster Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiah Pada Kelompok A di RA Gunter Kids Lampung Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1-19320055.pdf Restricted Access | 2.1 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
1-19320055_Publik.pdf | 978.87 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.