Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3264
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hasanah | - |
dc.contributor.author | Ayi Sapitri, 19320035 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-06T07:09:55Z | - |
dc.date.available | 2023-11-06T07:09:55Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3264 | - |
dc.description.abstract | Setiap warga Negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali, begitu juga anak berkebutuhan khusus. Masyarakat sekitar masih banyak yang tidak peduli dan memperhatikan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus mengenai betapa pentingnya memberikan pendidikan akademik, jasmani, rohani, terlebih pendidikan agama pada anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan PAUD inklusi dan faktor pendukung serta penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama anak berkebutuhan khusus di TK Islam Pembangunan. Permasalahan yang diangkat penelitian ini ialah kurangnya hak yang didapatkan anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam belajar dan kurangnya pemahaman anak berkebutuhan khusus mengenai agamanya. Persamaan dengan penelitian sebelumnya ialah sama-sama membahas tentang PAUD inklusi, perbedaannya yaitu penelitian ini membahas nilai-nilai agama anak berkebutuhan khusus anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru kelas, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam menanamkan nilai-nilai agama di sekolah anak berkebutuhan khusus terlihat cukup baik, dengan indikasi-indikasi anak berkebutuhan khusus mampu mengikuti kegiatan sholat dhuha meskipun belum tertib, mampu mengenal huruf hijaiyah dengan cukup baik, mampu menghafal surat pendek meskipun tidak sama targetnya dengan anak reguler. Faktor pendukung adanya shadow teacher dikelas, dukungan orang tua dan teman disekolah, dan menjalankan terapi secara rutin. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus dalam memahami suatu pelajaran, dan keterbatasan waktu disekolah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | PAUD Inklusi | en_US |
dc.subject | Anak Berkebutuhan Khusus | en_US |
dc.subject | Nilai-nilai Agama | en_US |
dc.title | Penerapan PAUD Inklusi Dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Anak Berkebutuhan Khusus Usia 5-6 Tahun di TK Islam Pembangunan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
2-19320035.pdf Restricted Access | 2.96 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
2-19320035_Publik.pdf | 1.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.