Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3271
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Istiqomah | - |
dc.contributor.author | Nur Septianita Yasin, 19320048 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-06T08:03:51Z | - |
dc.date.available | 2023-11-06T08:03:51Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3271 | - |
dc.description.abstract | Pada zaman modern saat ini banyak anak yang masih melakukan tindakan yang menyimpang, tindak kekerasan, bersikap tidak sopan santun dan melakukan tindakan yang dilarang dalam agama. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya penanaman agama dan moral sejak usia dini. Dengan perilaku yang buruk bisa merusak generasi masa depan, terlebih anak sekarang banyak yang mencontoh dari lingkungan teman-temannya di sekitarnya, maka dari itu perlu dilakukan pengawasan dari orang tua, masyarakat dan lingkungan berperan penting dalam perkembangan anak terutama dalam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu penulis ingin meneliti implementasi metode bercerita dalam menanamkan nilai moral dan agama siswa di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita dalam menanamkan nilai moral dan agama siswa khususnya pada anak usia 4-5 tahun di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari wali kelas kelompok A dan wali kelas kelompok B. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen, jurnal dan buku. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang dilakukan di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat bahwa implementasi metode bercerita di TK Arridho sudah memenuhi tiga tahapan, yaitu 1) perencanaan, menyiapkan tema cerita dan media yang digunakan dalam bercerita, 2) pelaksanaan, terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu; kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup, 3) evaluasi, menyimpulkan dan mengulas kembali. menanamkan nilai moral dan agama selain metode bercerita, didukung juga dengan kegiatan praktek sholat berjamaah, pembiasaan do’a sehari-hari, dan pembiasaan bersikap baik kepada guru dan sesama teman. Pendukung dari metode ini adalah pembiasaan, kesadaran peserta didik, kebersamaan dalam diri sendiri, dukungan dari keluarga. Dan penghambat dari metode ini adalah latar belakang peserta didik, lingkungan masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana, dan pengaruh gagdet. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi | en_US |
dc.subject | Nilai Moral dan Agama | en_US |
dc.subject | Metode Bercerita | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Bercerita dalam Menanamkan Nilai Moral dan Agama Siswa di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat” | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
10-19310048.pdf Restricted Access | 2.1 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
10-19320048_Publik.pdf Restricted Access | 997.59 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.