Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3273
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuhammad Ubaidillah Al-Ghifary-
dc.contributor.advisorSri Widyastri-
dc.contributor.authorAde Faizah, 220430296-
dc.date.accessioned2023-11-08T03:53:04Z-
dc.date.available2023-11-08T03:53:04Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3273-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksanaan Nurul Bayan dalam peningkatan pembelajaran Al-Qur’an (Studi Anak Usia Dini di Sekolah Hafiz Qur’an, Ciputat, Tangerang Selatan), menganlisa efektivitas metodenya dalam peningkatan hasil pembelajaran Al-Qur’an, dan mengungkapkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan hasil pembelajaran Al-Qur’an di tempat tersebut. Metode yang diaplikasikan dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil tidaknya sebuah teori, jika metode yang digunakan baik dan tepat, maka akan memberikan efek yang baik pula. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1).Pelaksanaan metode Nurul Bayan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Hafiz Qur’an Ciputat Tangerang Selatan ada dua, yaitu materi pembelajarannya menggunakan dua jenis buku, Fathurrohman dan Allama bil-Qalam, dan proses pembelajarannya membutuhkan waktu tiga semester, 2). Efektivitas metode Nurul Bayan dalam peningkatan hasil belajar Al-Quran di tempat tersebut adalah sangat berdampak positif terhadap siswa dengan lima hal, yaitu, metode yang tepat, level pengajaran yang tepat, pemberian reward, pemilihan waktu belajar, dan evaluasi yang baik, dan 3) Faktor pendukung dalam peningkatan hasil belajar Al-Qur’an di tempat tersebut adalah adanya dukungan dari pihak sekolah, adanya penjaminan mutu sekolah, dan hubungan yang baik pihak sekolah dan masyarakt sekitarnya. Adapun faktor penghambatnya adalah sapras kurang memadai dan kondisi fisik siswa kurang mendukung.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Nurul Bayanen_US
dc.subjectPembelajaran Al-Qur’anen_US
dc.titleEfektivitas Metode Nurul Bayan dalam Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an (Studi Anak Usia Dini di Sekolah Hafizh Qur’an, Ciputat, Tangerang Selatan)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
220430296 - Ade Faizah.pdf
  Restricted Access
220430296 - Tesis2.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.