Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3273
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Muhammad Ubaidillah Al-Ghifary | - |
dc.contributor.advisor | Sri Widyastri | - |
dc.contributor.author | Ade Faizah, 220430296 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-08T03:53:04Z | - |
dc.date.available | 2023-11-08T03:53:04Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3273 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksanaan Nurul Bayan dalam peningkatan pembelajaran Al-Qur’an (Studi Anak Usia Dini di Sekolah Hafiz Qur’an, Ciputat, Tangerang Selatan), menganlisa efektivitas metodenya dalam peningkatan hasil pembelajaran Al-Qur’an, dan mengungkapkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan hasil pembelajaran Al-Qur’an di tempat tersebut. Metode yang diaplikasikan dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil tidaknya sebuah teori, jika metode yang digunakan baik dan tepat, maka akan memberikan efek yang baik pula. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1).Pelaksanaan metode Nurul Bayan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Hafiz Qur’an Ciputat Tangerang Selatan ada dua, yaitu materi pembelajarannya menggunakan dua jenis buku, Fathurrohman dan Allama bil-Qalam, dan proses pembelajarannya membutuhkan waktu tiga semester, 2). Efektivitas metode Nurul Bayan dalam peningkatan hasil belajar Al-Quran di tempat tersebut adalah sangat berdampak positif terhadap siswa dengan lima hal, yaitu, metode yang tepat, level pengajaran yang tepat, pemberian reward, pemilihan waktu belajar, dan evaluasi yang baik, dan 3) Faktor pendukung dalam peningkatan hasil belajar Al-Qur’an di tempat tersebut adalah adanya dukungan dari pihak sekolah, adanya penjaminan mutu sekolah, dan hubungan yang baik pihak sekolah dan masyarakt sekitarnya. Adapun faktor penghambatnya adalah sapras kurang memadai dan kondisi fisik siswa kurang mendukung. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Nurul Bayan | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Efektivitas Metode Nurul Bayan dalam Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an (Studi Anak Usia Dini di Sekolah Hafizh Qur’an, Ciputat, Tangerang Selatan) | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
220430296 - Ade Faizah.pdf Restricted Access | 220430296 - Tesis | 2.86 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.