Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3274
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Muhammad Ubaidillah Al-Ghifary | - |
dc.contributor.advisor | Ahmad Dimyati Badruzzaman | - |
dc.contributor.author | Achmad Fauzan M, 220430294 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-08T04:08:53Z | - |
dc.date.available | 2023-11-08T04:08:53Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3274 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran Tadabbur Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Mega Mendung Bogor dengan metode ATQA, mengungkapkn keefektifan metode ATQA dalam pembelajaran Tadabbur Al Qur’an untuk meningkatkan pemahaman terhadap makna Al-Qur’an di tempat tersebut, dan menguraikan faktor pendukung dan penghmbat dalam pembelajaran tadabbur Al-Qur’an dengan metode ATQA di tempat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran Tadabbur Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Mega Mendung Bogor dengan metode ATQA ada empat, yaitu dilaksanakan dua kali dalam sepekan; hari senin dan selasa, dalam penerapannya menggunakan sepuluh langkah, media pembelajarannnya dengan literasi digital, dan kegiatan pembelajaran ada tiga bagian, yaitu pembuka, inti dan penutup. 2). Keefektifan metode ATQA dalam pembelajaran Tadabbur Al Qur’an untuk meningkatkan pemahaman terhadap makna Al-Quran adalah sangat efektif dengan adanya lima indiktor yang membuktikan hal tersebut, yaitu adanya tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, kreatifitas yang dimiliki oleh guru, interaksi aktif dari peserta didik, adanya evalusi yang baik. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran tadabbur Al-Qur’an dengan metode ATQA adalah pengajar yang kompeten dalam bidangnya dan sarana prasarana yang mendukung, program menghafal Al-Qur’an, dan pembelajaran arab. Adapun faktor penghambatnya adalah ada sebagian mahasantri yang tidak memiliki media laptop dan adanya beberapa mahasantri yang belum memiliki dasar bahasa arab. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode ATQA | en_US |
dc.subject | Tadabbur Qur’an | en_US |
dc.title | Efektivitas Metode Atqa Terhadap Pembelajaran Tadabbur Qur’an di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Megamendung Bogor | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
220430294 - Achmad Fauzan M.pdf Restricted Access | 220430294 - Tesis | 3.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.