Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3285
Title: Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Terhadap Peserta Didik (Pada Kelas VIII SMP Islam Takhassus Darul Ulum Pedan, Klaten)
Authors: Sania Izzatul Muna, 19312137
Advisor: Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penyimpangan tingkah laku yang terjadi dan bertentangan dengan nilai-nilai agama, maka dari itu penanaman nilai pendidikan spiritual agama menjadi pondasi anak-anak dalam menghadapi kehidupan dan mampu membetengi diri dari hal-hal yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan spiritual terhadap peserta didik (pada kelas VIII SMP Islam Takhassus Darul Ulum Pedan, Klaten) dan faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan spiritual terhadap peserta didik pada kelas VIII di SMP Islam Takhassus Darul Ulum Pedan, Klaten mengadakan program dan pembiasaan yang dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan spiritual meliputi nilai keimanan (tauhid), nilai ketakwaan (ibadah), dan nilai akhlak. 2) faktor pendukungnya yaitu, keteladanan dan ketegasan guru, fasilitas yang memadai, dukungan orang tua, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran dan semangat peserta didik dan pergaulan peserta didik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3285
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
6-19312137.pdf
  Restricted Access
3.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
6-19312137_Publik.pdf
  Restricted Access
1.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.