Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3292
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sri Tuti Rahmawati | - |
dc.contributor.author | Zah Rotullutfiah, 19312196 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-09T06:30:28Z | - |
dc.date.available | 2023-11-09T06:30:28Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3292 | - |
dc.description.abstract | Metode Ummi yang merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yamg di dalamnya terdapat program pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 yang membahas mengenai bacaan shalat. Tujuan penelitian ini tentang bagaimana implementasi metode Ummi dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2, dan bagaimana dampak pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 dalam ibadah shalat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yakitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 di SD Al-Qur’an Mutiara Hikmah Bekasi berjalan dengan baik sebab dalam pembelajarannya SD Al-Qur’an Mutiara Hikmah Bekasi menerapkan kekuatan yang ada pada Ummi Foundation, yakni adanya metode yang bermutu, guru yang bermutu, serta sistem yang bermutu. Faktor pengdukung dalam pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 ini ialah adanya irama yang memudahkan siswa dalam menghafal dan memahami materi pelajaran, adanya pembinaan rutin bagi para guru Al-Qur’an, dan adanya sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat dalam pembelajaran ini ialah tdalam pembelajarannya tidak ada dasar bahasa Arab yang disajikan, kurangnya melibatkan siswa dalam mengambil intisari materi, kurangnya SDM yang mempuni dalam teknik mengajar imla’. Adapun dampak pembelajaran turjuman Al-Qur’an jilid 1 dan 2 dalam ibadah shalat yakni siswa memiliki dasar yang kuat dalam beribadah, dapat memahami keutamaan setiap bacaan, dapat memahami makna bacaan shalat dan mengetahui tata cara ibadah sesuai syariat Islam. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | mplementasi | en_US |
dc.subject | Turjuman Al-Qur’an | en_US |
dc.subject | Metode Ummi | en_US |
dc.title | mplementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Jilid 1 dan 2 di SD Al-Qur’an Mutiara Hikmah Bekasi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13-19312196.pdf Restricted Access | 3.54 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
13-19312196_Publik.pdf Restricted Access | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.