Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3300
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanah-
dc.contributor.authorDinda Adelia, 18312000-
dc.date.accessioned2023-11-09T06:54:36Z-
dc.date.available2023-11-09T06:54:36Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3300-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penyebaran virus covid-19 pada beberapa daerah di Indonesia membuat pemerintah menetapkan aturan untuk menjaga jarak dan melakukan pembelajaran melalui daring (dalam jaringan), perubahan proses pembelajaran ini membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat agar peroses belajar dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran pendidika agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Penelitian ini berisi tentang “Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar anak di era pandemi covid 19 di MIN 12 Medan.”sedangkan pada pebelitian terdahulu yang dilakukan oleh Lismayana, pada tahun 2019, dengan judul “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII A di SMP Negeri 3 Bandar Lampung.” Persamaannya pada pengambilan variabel Y dan metode penelitian kuantitatif, perbedaannya pada pengambilan variabel X, lokasi penelitian dan waktu penelitian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di MIN 12 Medan. Sumber data primer pada penelitian ini ialah angket/quesioner yang diisi oleh anak kelas VI di MIN 12 Medan. Hasil analisis data dengan product momen ialah nilai rhit = 0,732 dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% ialah 0,224, menunjukkan bahwa rhit = 0,732 > rtabel= 0,224, artinya hubungan antara variabel strategi pembelajaran terhadap variabel prestasi belajar berkorelasi erat dan searah, semakin baik strategi pembelajarannya maka semakin baik juga prestasi belajar anak di MIN 12 Medan. Hasil uji koefisien determinasi ialah nilai 𝑅2 sebesar 0,536 atau 53,6%, bahwa variabel strategi pembelajaran berpengaruh 53,6% terhadap variabel prestasi belajar. Sehingga 47,4% lainya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran, ,en_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam.en_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Di Era Pandemi Covid-19 Di Min 12 Medanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
21-18312000.pdf
  Restricted Access
2.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
21-18312000_Publik.pdf
  Restricted Access
1.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.