Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3312
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Shopiyah | - |
dc.contributor.author | Nisa Amalia, 19312083 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-09T08:08:04Z | - |
dc.date.available | 2023-11-09T08:08:04Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3312 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak siswa yang belum maksimal dalam setoran dan muroja’ah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Metode Talaqqi pada program Taḥfiẓ Juz 30, untuk mengetahui proses pencapaian program Taḥfiẓ Al-Qur’an Juz 3, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan Taḥfiẓ siswa dalam program Taḥfiẓ Al-Qur’an Juz 30. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mu’awanah Jl. H. Ilyas No. 27 Petukangan Utara Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan subjek penelitian 1 orang kepala madrasah, 1 guru taḥfiẓ, 6 siswa dan 4 wali murid. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, metode Talaqqi ini merupakan metode yang pas dan tepat untuk diterapkan dan juga sebagai kemudahan bagi siswa dan guru dalam proses belajar mengajar tetapi dalam sitem muraja’ah terdapat kekurangan dan tidak berjalan dengan maksimal. Dilaksanakan selama seminggu dalam satu pertemuan dengan memiliki beberapa target yang sudah tersusun dan harus diselesaikan oleh siswa kelas 1-6. Bentuk Evaluasi yang dilakukan pada proses penerapnnya yaitu dnegan penilian perminggu, perbulan atau akhir surah, penilain PAT dan PAS dan juga akhir ujian Taḥfiẓ. Faktor pendukung pada proses pembelajaran taḥfiẓ tersebut yaitu dengan adanya sumber belajar siswa yang memadai, peran guru dan orang tua dalam mendukung kegiatan menghafal ini serta kemauan besar siswa dalam menghafal. Adapun faktor penghambatnya yaitu pengaruh lingkungan dan pengaruh gadget serta rasa malas yang menjadikan tidak okusnya siswa dalam menghafal dan memuruja’ah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi, | en_US |
dc.subject | Metode Talaqqi, | en_US |
dc.subject | Taḥfiẓ Al-Qur’an. | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Talaqqi pada Program Taḥfiẓ Al-Qur’an Juz 30 (Studi Kasus Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Mu’awanah Petukangan Utara Jakarta Selatan) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
33-19312083.pdf Restricted Access | 2.24 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
33-19312083_Publik.pdf Restricted Access | 737.69 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.