Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3313
Title: | Efektivitas kegiatan Ekstrakurikuler Pembinaan Akhlak Siswa (PAS) Dalam Meningkatkan Sikap Moderat Peserta Didik SMP Al-Hikmah) |
Authors: | Sania Ivahna Nurmanita, 19312136 |
Advisor: | Syahidah Rena |
Issue Date: | 2023 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Washathiyyatul Islam (Islam moderat) sejatinya adalah ajaran yang memiliki dasar kuat dalam Al-Qur’an. Materi moderasi beragama dalam pelajaran pendidikan Agama Islam dapat tersampaikan, sehingga meningkatkan sikap moderat pada peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik mampu berperan di tengah masyarakat dan menjaga diri dari pengaruh negatif yang ada di sekitarnya untuk lebih mengetahui pengamalan ajaran agama yang tidak ekstrem dan cenderung seimbang pada kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan kebermanfaatan dari program Pembinaan Akhlak Siswa (PAS) di SMP Al-Hikmah Jakarta untuk meningkatkan sikap moderat peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala sekolah, Kepala pembina, Guru kelas, dan 8 orang peserta didik kelas VII SMP Al-Hikmah. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan sikap tasamuh, tawassuth, tawazun, syura’, dan aulawiyah pada kegiatan ekstrakurikuler program Pembinaan Akhlak Siswa (PAS) mampu meningkatkan sikap moderat peserta didik dalam sejumlah aspek diantaranya memberi salam, bertegur sapa, sopan santun, toleransi, mengutamakan sholat berjamaah, kerjasama, musyawarah mufakat dan berani memimpin. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3313 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
34-19312136.pdf Restricted Access | 3.18 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
34-19312136_Publik.pdf Restricted Access | 1.19 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.