Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3333
Title: Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kecerdaasan Spiritual Siswa Di MI Pembangunan UIN Jakarta
Authors: Nur Baiti, 18311974
Advisor: Siti Rohmah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, maka dalam kondisi seperti ini perlunya penanganan pembelajaran akidah akhlak yang memfokuskan kegiatannya dalam membantu peserta didik secara pribadi agar mereka memiliki keyakinan yang kuat, cerdas secara spiritual, dan terwujudnya perilaku baik (akhlakul karimah) serta berhasil dalam proses pendidikan kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual MI Pembangunan UIN Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 Guru Akidah Akhlak orang dan 5 orang siswa-siswi MI Pembangunan UIN Jakarta. Terkait pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa adalah dengan menerapkan program yakni pendalaman nilai keIslaman dalam setiap mata pelajaran; mengadakan do’a bersama; tadarus Al-Qur’an; tahfidz Al-Qur’an; TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an); kegiatan shalat berjamaah dan Tabungan Amal Sholeh (TAS). Serta dengan adanya penanaman kecerdasan spiritual sedini mungkin melalui motivasi dan suri tauladan guru dalam pembelajaran akidah akhlak.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3333
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
54-18311974.pdf
  Restricted Access
3.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
54-18311974_Publik.pdf
  Restricted Access
1.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.