Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3342
Title: Efektivitas Kecerdasan Emosional Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas V di SDN Jagabaya 01 Parungpanjang Bogor
Authors: Intan Shurur, 19312076
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini bermula dari kurangnya pemahaman terkait kecerdasan emosional dan menurunya akhlak siswa. Dalam kecerdasan emosional terdapat hal-hal yang berkaitan dengan emosi yang dapat menjadi upaya dalam membentuk akhlak siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas kecerdasan emosional dalam membentuk akhlak siswa di SDN Jagabaya 01 Parungpanjang Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan 2 orang siswi kelas V di SDN Jagabaya 01 Parungpanjang Bogor. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan efektivitas kecerdasan emosional dalam membentuk akhlak siswa kelas V sudah baik, hal ini terlihat dari siswa yang sudah bisa mengenali emosi diri, mengelola emosi, optimis, berempati, rajin mengikuti salat dhuha bersama, berbicara baik kepada teman dan guru, dan ikut serta dalam kegiatan gotong royong. Kecerdasan emosional dapat membentuk akhlak siswa, hal ini dinyatakan dengan siswa yang menerapkan akhlak yang baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3342
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
63-19312076.pdf
  Restricted Access
3.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
63-19312076_Publik.pdf
  Restricted Access
1.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.