Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3344
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Sari Wahyuni, 19312138 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-10T03:14:43Z | - |
dc.date.available | 2023-11-10T03:14:43Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3344 | - |
dc.description.abstract | Islamic parenting atau pola asuh Islam dan regulasi emosi saling berkaitan dalam menghadapi masalah kestabilan dalam proses belajar mengajar siswa, dengan demikian peran pendidik di rumah (orang tua) dan pendidik di sekolah (guru) keduanya mempunyai peran penting dalam membantu anak mengembangkan kontrol emosinya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan implementasi pendidikan Islamic Parenting dalam menangani regulasi emosi siswa di SDN Cipete Utara 05. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Di SDN Cipete Utara 05 menerapkan pola asuh Islami dalam memberikan pendidikan regulasi emosi pada siswa, hal tersebut dilakukan dengan menerapkan nilai nilai Islam serta menggabungkan prinsip parenting Islami dan menegenalkan kepada anak cara meregulasikan emosi dengan baik dan benar dengan mengadakan beberapa kegiatan di antaranya : kegiatan belajar kelompok yang bertujuan mendorong siswa untuk berinteraksi dengan baik, terdapat juga kegiatan keterampilan yang dapat mendorong siswa untuk berkreatifitas dengan ide-ide nya, terdapat juga kegiatan eskrra kulikuler yang bertujuan agar siswa bisa lebih berkembang dan bertanggung jawab. Upaya tersebut juga dilakukan guru PAI dengan selalu mencontohkan pilaku yang baik terlebih dahulu, serta mengambil contoh dari agama untuk membantu siswa memahami pentignya mengontrol emosi dan bagaimana cara melakukannya, dengan menceritakan kisah-kisah dan dongeng bersejarah tentang para Nabi dan Rasul serta para tokoh Islam, sehingga para siswa dapat mencontohnya dan mengambil keteladanan dari kisah kisah tersebut. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam (PAI) | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Emosional | en_US |
dc.subject | Islamic Parenting | en_US |
dc.subject | Regulasi Emosi | en_US |
dc.subject | Kontrol Emosi. | en_US |
dc.title | Kegiatan Islamic Parenting dalam Menangani Regulasi Emosi Siswa di SDN Cipete Utara 05 Jakarta Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
65-19312138.pdf Restricted Access | 3.23 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
65-19312138_Publik.pdf Restricted Access | 1.8 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.