Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3358
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hulailah Istiqlaliyah | - |
dc.contributor.author | Siti Padilah, 19312095 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-10T04:05:41Z | - |
dc.date.available | 2023-11-10T04:05:41Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3358 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih banyak peserta didik yang menganggap bahwa mata pelajaran SKI ini mata pelajaran yang membosankan dan ada beberapa kendala atau kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik saat proses belajar pada mata pelajaran SKI berlangsung. salah satunya peserta didik mengalami kesulitan dalam menjelaskan, mengingat nama serta memahami istilah yang bahasanya cukup rumit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian-penelitian sebelumnya yaitu: penelitian ini dilakukan di MI Al-Muhajirin yang berada di daerah Karawang. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan februari 2023 sampai bulan Agustus dan teori yang digunakan berbeda dengan teori yang digunakan oleh penelitian sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan juga menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini antara lain: Kepala Sekolah MI AL-Muhajirin, Guru Mata Pelajaran SKI dan Siswa-siswi Kelas 4 MI Al-Muhajirin Karawang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan strategi-strategi yang digunakan oleh guru SKI kelas 4 di MI Al-Muhajirin Karawang mampu membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajarnya pada mata pelajaran SKI. Strategi tersebut antara lain: melakukan dignosis, melakukan evaluasi (Post Tes), Mengajak peserta didik membuat catatan/ringkasan, Melakukan pendekatan Personal, Membentuk kelompok Belajar. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi Guru | en_US |
dc.subject | Kesulitan Belajar | en_US |
dc.subject | Mata Pelajaran SKI | en_US |
dc.title | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Siswa kelas 4 MI Al-Muhajirin Karawang) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
79-19312095.pdf Restricted Access | 2.45 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
79-19312095_Publik.pdf Restricted Access | 805.7 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.