Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3361
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Shopiyah | - |
dc.contributor.author | Irmawati, 17311812 | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-10T05:14:52Z | - |
dc.date.available | 2023-11-10T05:14:52Z | - |
dc.date.issued | 2023 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3361 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi semakin banyaknya orang tua mengutamakan pendidikan Al-Qur`ān dibuktikan banyaknya orang tua yang lebih tertarik pada sekolah-sekolah yang mempunyai program unggulan Al-Qur`ān sehingga sangat pentingnya peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur`ān. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwasannya penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`ān di SDIT Al-Hikmah Pamulang Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di SDIT Al-Hikmah Pamulang Tangerang Selatan. Sumber data utama penelitian ini adalah ketua ummi daerah Tangerang Selatan, kepala sekolah SDIT Al-Hikmah, koordinaror guru ummi, guru Al-Qur`ān, orang tua siswa dan peserta didik SDIT Al-Hikmah. Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. Dan sumber dokumen berupa hasil-hasil observasi yang berupa catatan lapangan selama observasi, hasil wawancara, dokumentasi berupa hasil penelitian terdahulu, dokumen kurikulum, foto dan audio. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan anasisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode ummi di SDIT Al-Hikmah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`ān bisa dilihat dari berbagai aspek. Pertama, aspek ketartīlan dalam membaca dilihat dari semakin tartil dan bagus bacaan peserta didik. Kedua, aspek hafalan dapat dilihat dari semakin banyaknya hafalan dan kualitas hafalannya yang semakin bagus. Ketiga, aspek materi, dapat dilihat dari semakin mudahnya anak-anak dalam memahami dan hafal sepenuhnya materi-materi yang diberikan. Keempat, aspek kedisiplinan dilihat dari semakin semangat mengulang dan mengerjakan tugas membaca di rumah. Adapun implementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`ān di SDIT Al-Hikmah Pamulang sudah 90 % diterapkan secara maksimal untuk semua tahapan dan program-program yang dilakukan. Temuan lain dari penelitian ini yaitu keberhasilan sebuah metode itu sangat dipengaruhi oleh goodwill management, sistem yang terstruktur dengan baik serta komunikasi yang maskimal. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Ummi | en_US |
dc.subject | Kemampuan Membaca Al-Qur`ān | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AI-Qur 'an Siswa SDIT' Al-Hikmah Pamulang Kota Tangerang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
82-17311812.pdf Restricted Access | 7.87 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
82-17311812_Publik.pdf Restricted Access | 2.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.